6 Manfaat Kunyit untuk Kulit, Nomor 2 Sembuhkan Luka Lebih Cepat

Novia, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 298 2286610 6-manfaat-kunyit-untuk-kulit-nomor-2-sembuhkan-luka-lebih-cepat-w2qdZtwrvd.jpg Manfaat kunyit (Foto: Pinterest)

Anda mungkin sudah mengetahui berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh. Kunyit juga mendapatkan begitu banyak popularitas dalam hal manfaat kecantikannya.

Di India, terkenal budaya untuk mengoleskan pasta kunyit pada pengantin tepat sebelum hari pernikahan mereka untuk menambah kecantikan dan kilau di wajah mereka.

Seperti dilansir dari Times of India, banyak sekali manfaat kunyit untuk perawatan kulit yang harus Anda ketahui.

 kunyit

1. Membantu mengurangi inflamasi

Karena manfaat bahan alami ini berasal dari bahan aktifnya yaitu kurkumin, ia menekan rangsangan tertentu dalam sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini untuk kondisi kulit inflamasi seperti dermatitis seboroik, psoriasis, dan eksim.

2. Menyembuhkan luka lebih cepat

Kunyit memiliki cara yang bagus untuk mengurangi oksidasi dan menurunkan respons stres. Kedua kualitas ini dapat membantu menyembuhkan luka di tubuh Anda dengan lebih cepat. Anda cukup mengoleskan sedikit kunyit pada luka dan menekannya dengan lembut.

3. Mengurangi risiko garis halus

Karena kunyit mampu menumpas radikal bebas yang menyebabkan penuaan, kunyit juga membantu menjaga tingkat kolagen dan kelembaban. Ini berarti ia bekerja dengan sempurna untuk mengurangi kerutan serta garis-garis halus.

4. Mengurangi kerusakan akibat ultra violet

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi kerusakan akibat sinar ultra violet karena mengandung sifat antioksidan. Inilah alasan mengapa terasa sangat sejuk dan menenangkan hanya dengan mengoleskan pasta kunyit pada ruam panas dan sengatan matahari.

5. Membuat kulit lebih cerah dan kenyal

Anda mungkin sudah tahu bahwa penumpukan racun dapat menyebabkan kulit kusam dan teriritasi. Kunyit membantu dalam membersihkan kulit dan akan membuat kulit lebih cerah.

Baca juga: Cantiknya Wika Salim Pakai Dress Naik Speed Boat, Netizen: Syeger Euy!

6. Melawan jerawat dan flek hitam 

Kunyit merupakan bahan yang cukup penting untuk melawan jerawat atau iritasi pada wajah, terutama bagi orang yang memiliki jenis kulit sensitif. Kurkumin dikatakan mampu menghambat enzim yang bertanggung jawab untuk menciptakan bintik hitam akibat hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini