Selain Cokelat, Ini 5 Makanan yang Membantu Atasi Stres

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 298 2286617 selain-cokelat-ini-5-makanan-yang-membantu-atasi-stres-ARGDKQSr2r.jpg (Foto: Huffingtonpost)

Stres dapat dialami oleh siapa saja. Penyebab stres bisa karena berbagai faktor seperti pekerjaan, skripsi, bisnis dan lainnya. Biasanya cokelat jadi makanan alternatif untuk menghilangkan stres.

Selain cokelat, makanan apalagi yang dapat mengurangi stres? Dilansir dari laman Health Line, berikut ini lima makanan yang dapat membantu mengatasi stres Anda.

1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang biasanya terbuat dari kubis napa dan daikon yaitu sejenis lobak. Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri baik yang disebut probiotik dan tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan.

Penelitian mengungkapkan, bahwa makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

2. Telur

Telur sering disebut sebagai multivitamin alami karena profil nutrisinya yang baik. Telur utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mengatasi stres, serta memperbaiki suasana hati.

3. Bawang putih

Bawang putih di dalamnya kaya akan senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan pertama tubuh Anda melawan atau mengurangi stres.

 Bawang putih di dalamnya kaya akan senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutathione.

Baca juga: Pentingnya Melihat Label Kemasan Bangun Kesadaran Gizi Masyarakat

4. Teh chamomile

Chamomile adalah ramuan obat yang telah dikenal dan digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak, dan mengurangi gejala kecemasan juga depresi.

5. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti mackerel, herring, salmon dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh Anda mengatasi stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi Barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini