Pasien Diabetes Boleh Makan Kacang, Begini Caranya

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 298 2286709 pasien-diabetes-boleh-makan-kacang-begini-caranya-dOXQuO0fmv.jpg Kacang tanah (Foto: Times Now)

Pasien diabetes sangat berhati-hati dengan jenis makanan yang mereka makan. Sebelum makan apa pun, mereka harus tahu apa pengaruhnya terhadap kadar gula darah mereka.

Banyak orang yang menderita diabetes dan penyakit kronis lainnya, menahan diri untuk tidak makan segala jenis kacang-kacangan karena kesalah pahaman bahwa kacang dapat meningkatkan kadar kolesterol bahkan menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, ini tidak sepenuhnya benar.

 kacang

Mengkonsumsi kacang dalam jumlah sedang, baik untuk semua orang, bahkan bagi mereka yang menderita diabetes. Kacang dianggap sangat sehat untuk pasien diabetes dan mereka sering disarankan untuk memasukkan makanan kaya nutrisi ini ke dalam makanan mereka.

Kandungan nutrisi kacang tanah banyak sekali. Kacang tanah juga memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan kacang lain seperti kenari dan almond.

Kacang ini mengandung antioksidan, serat, protein, magnesium, fosfor, kalsium, dan nutrisi lainnya. Kacang tidak hanya baik untuk penderita diabetes, tetapi juga baik untuk penderita masalah kardiovaskular, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan peradangan.

Bagaimana cara yang tepat dalam mengkonsumsi kacang bagi penderita diabetes?

Kacang sangat sehat dan serba guna. Anda bisa makan selai kacang atau menambahkannya ke dalam salad Anda. Mengkonsumsi segenggam kacang dalam sehari dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun, jangan makan berlebihan karena dapat menyebabkan sembelit dan penambahan berat badan.

Mengapa orang yang menderita diabetes harus makan kacang?

Kacang tanah memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah yang berarti tidak cepat meningkatkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan dengan kandungan glikemik rendah itu penting. Indeks glikemik membantu Anda mengukur seberapa cepat makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Kacang adalah sumber protein dan serat yang baik yang juga membantu Anda mengatur berat badan. Sesuai studi 2013, menambahkan kacang dalam makanan membantu wanita gemuk untuk mengelola gejala mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Studi lain yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa makan kacang tanah atau selai kacang saat sarapan mengatur gula darah sepanjang hari. Selain itu, kacang tanah merupakan sumber yang kaya akan magnesium yang dikenal cukup membantu dalam menjaga kadar gula darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini