Pentingnya Melihat Label Kemasan Bangun Kesadaran Gizi Masyarakat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 481 2286566 pentingnya-melihat-label-kemasan-bangun-kesadaran-gizi-masyarakat-dq06EsZfgl.jpg (Foto: Johns Hopkins Medicine)

Di masa pandemi seperti sekarang, semua orang berlomba untuk memperkuat imunitas tubuh. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari tidur yang cukup, olahraga, bahagia, pun mengonsumsi panganan sehat dan bergizi. Ya, apa yang Anda konsumsi akan berdampak langsung pada kesehatan dan kekuatan sistem imun tubuh Anda.

Bicara soal mendapatkan panganan, Anda bisa membeli pangan mentah atau juga pangan olahan. Menjadi masalah, saat Anda membeli pangan olahan, jarang sekali membaca terlebih dulu label yang tersedia di kemasan.

Menurut hasil studi yang dilakukan Institut Pertanian Bogor dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) pada Agustus 2018, dari 400 subjek studi, hanya 21 orang yang selalu melihat label sebelum membeli pangan olahan. Selebihnya, 101 orang mengaku sering dan 277 jarang melihat label makanan.

Padahal, dengan melihat label makanan, ini bisa menggiring keluarga Anda untuk bisa memiliki imunitas tubuh yang kuat. Sebab, asupan gizi yang dikonsumsi, diperhitungkan dengan baik dan bijak.

Dijelaskan Kepala Subdit Standarisasi Olahan Tertentu Badan POM Yusra Egayanti, membaca label itu membangun kesadaran gizi masyarakat. "Melihat label itu diharapkan menjadi penentu keputusan untuk membeli, sehingga harapannya membeli produk sesuai dengan kebutuhan gizi," katanya dalam Webinar Cara Cerdas Memilih Produk Pangan dengan Logo #PilihanLebihSehat, Rabu (30/9/2020).

 Di masa pandemi seperti sekarang, semua orang berlomba untuk memperkuat imunitas tubuh.

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Air Rebusan Beras untuk Turunkan Berat Badan

Ia menekankan, dengan pola konsumsi gizi seimbang, dapat meningkatkan daya tahan, termasuk daya tahan terhadap virus yang sedang menyerang dunia sekarang itu. Jadi, dari melihat label, Anda memutuskan untuk mengonsumsi panganan yang sesuai dengan kebutuhan gizi atau tidak.

Di samping itu, membaca label punya manfaat lain, seperti dijelaskan Dr Rimbawan, Akademisi Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor, berikut ini:

1. Memberikan informasi tentang komposisi bahan penyusun dan sifat produk untuk menghindari kebingungan konsumen.

2. Melindungi konsumen dari kemungkinan kesalahan penggunaan, risiko, dan bahaya.

3. Menciptakan lingkungan pemilihan pangan yang lebih kondusif untuk pilihan yang sehat.

4. Memberikan informasi untuk membantu menyediakan pilihan pangan yang sehat bagi konsumen.

5. Membantu konsumen untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih komposisi pangan dan kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan.

6. Memastikan bahwa konsumen mendapatkan nilai lebih dari uang yang dibelanjakan dan melindungi konsumen dari pemahaman klaim yang salah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini