Alasan Penderita Diabetes Tipe 2 Perlu Minum Susu saat Sarapan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 481 2286640 alasan-penderita-diabetes-tipe-2-perlu-minum-susu-saat-sarapan-wlXcZ9zTZ9.jpg

Bagi pasien diabetes, menjaga kadar gula darahnya tetap terkendali adalah salah satu tugas yang paling menantang. Mereka harus selalu berhati-hati dengan pola makannya dan sering memeriksa kadar gula darahnya untuk menghindari komplikasi.

Dikutip dari Times of India, Anda hanya perlu minum minuman khusus pada saat waktu sarapan. Menurut sebuah penelitian, susu berkontribusi besar untuk menjaga tingkat glukosa tetap rendah sepanjang hari.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dairy Science pada 2018, mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu saat sarapan menurunkan glukosa darah sepanjang hari.

Para peneliti melakukan penelitian untuk menguji efek minum susu berprotein tinggi saat sarapan terhadap kadar glukosa darah dan rasa kenyang setelah sarapan dan kemudian makan siang.

Mereka mengamati bahwa susu yang dikonsumsi dengan sereal sarapan menurunkan konsentrasi glukosa darah postprandial dibandingkan dengan air. Di sisi lain, konsentrasi protein susu yang tinggi menurunkan konsentrasi glukosa darah postprandial dibandingkan dengan konsentrasi protein susu normal.

Makanan berprotein tinggi juga diketahui dapat mengurangi nafsu makan setelah makan kedua dibandingkan dengan makanan rendah protein.

 Bagi pasien diabetes, menjaga kadar gula darahnya tetap terkendali adalah salah satu tugas yang paling menantang.

Baca juga: Studi: Virus Corona Menyebar di Bus Ber-AC

Dalam studi ganda, tim peneliti dengan cermat meneliti efek peningkatan konsentrasi protein dan peningkatan proporsi protein whey dalam susu saat dikonsumsi dengan semangkuk sereal sarapan tinggi karbohidrat terhadap glukosa darah, tingkat kenyang, dan pola makan sepanjang hari.

Mereka mengamati bahwa pencernaan protein whey dan kasein, yang secara alami ada dalam susu, melepaskan hormon lambung yang menunda proses pencernaan. Ini secara otomatis meningkatkan rasa kenyang.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa hanya ada sedikit perbedaan antara makanan yang dikonsumsi saat makan siang dengan peningkatan jumlah protein whey saat sarapan. Tetapi minum susu dengan makanan tinggi karbohidrat di pagi hari dapat mengurangi glukosa darah bahkan setelah makan siang, di mana susu berprotein tinggi memainkan peran penting.

Penelitian ini menegaskan pentingnya susu pada waktu sarapan bagi pasien diabetes. Ini membantu pencernaan karbohidrat yang lebih lambat dan membuatnya mudah untuk mengatur tingkat gula darah sepanjang hari.

Banyak orang beranggapan bahwa susu tidak sehat untuk penderita diabetes, padahal ini tidak benar. Segala jenis susu bermanfaat bagi pasien diabetes. Susu kaya akan nutrisi dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan.

Susu murni, susu skim, dan alternatif susu lainnya seperti almond dan susu kedelai dianggap terbaik untuk penderita diabetes. Hindari menambahkan gula ke susu, sebagai gantinya gunakan madu atau bubuk jaggery untuk hasil terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini