Waspada, Stres pada Anak Pengaruhi Perilaku Makan si Kecil

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 481 2286736 waspada-stres-pada-anak-pengaruhi-perilaku-makan-si-kecil-oUeVvPrWtA.jpg Anak stres akibat pandemi (Foto: Healthline)

Anak-anak menjadi golongan yang paling terpengaruh selama masa pandemi Covid-19. Anak-anak merupakan individu yang kemampuan mengelola perasaannya masih berkembang membutuhkan bantuan dalam mengelola stres.

Sekadar informasi, stres yang dialami oleh sebagian besar masyarakat disebabkan oleh kebosanan, pilihan yang terbatas, tidak bertemu teman dan saudara, kegiatan yang monoton, dan masih merasa beradaptasi dengan perubahan rutinitas sebelum dan selama pandemi.

 stres

Psikolog Anak dari Tiga Generasi, Putu Andani, M.Psi mengatakan, bila seorang anak mengalami stres, maka berdampak terhadap perilaku makan yang mereka miliki. Jika sudah seperti ini, peran orangtua sangat berpengaruh, sebab anak sangat membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi untuk pertumbuhan mereka

“Perilaku makan adalah bagian penting dalam kehidupan anak. Pertumbuhan otak anak pada 1.000 hari pertama sangat pesat dan masih terus bertumbuh ke depannya hingga ia beranjak dewasa,” ungkap Putu, dalam Virtual Gathering ‘Biasakan Anak Terapkan Gizi Seimbang Selama di Rumah Saja’.

Lebih lanjut Putu mengatakan, momen makan pada anak bisa juga dijadikan kesempatan belajar yang sangat baik. Kegiatan makan dapat menggerakan kemampuan motorik untuk mengetahui tekstur dan rasa.

 Baca juga: Cantiknya Wika Salim Pakai Dress Naik Speed Boat, Netizen: Syeger Euy!

“Momen makan juga bisa mengajarkan manajemen diri dengan mengetahui sinyal lapar dan kenyang, dan kapan harus berhenti makan. Bisa juga menjadi waktu bagi anak untuk memperlajari tata krama dalam menggunakan alat makan, menaruh gelas dan piring bersama keluarga,” lanjutnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini