Ketahui 3 Bahaya Bila Terlalu Banyak Makan Pedas

Kamis 01 Oktober 2020 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 481 2287073 ketahui-3-bahaya-bila-terlalu-banyak-makan-pedas-NlLTbTckwY.jpg Ilustrasi (Foto: NU Sci)

Makanan pedas disukai oleh sebagian orang. Meskipun terkadang membuat tidak nyaman di mulut, tetapi tetap saja ada orang yang gemar dengan makanan pedas.

Untuk Anda yang mungkin senang dengan sensasi rasa pedas, Anda perlu mengetahui beberapa bahaya bila terlalu banyak menyantap makanan pedas.

Walaupun rasa pedas bisa menambah selera makan, waspadalah terhadap penyakit-penyakit yang siap mengintai. Berikut beberapa penyakit yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi makanan berbumbu pedas, sebagaimana dilansir Boldsky.

Gastritis

Gastritis terutama disebabkan karena iritasi lambung dan radang selaput perut. Hal ini terjadi karena perut tidak kuat lagi menerima asupan makanan pedas.

Gejala-gejala gastritis adalah gangguan pencernaan, sakit perut, cegukan dan bahkan black-out. Periksakan diri Anda ke dokter bila memiliki gejala-gejala tersebut.

Hindari makanan pedas jika Anda diketahui memiliki gastritis karena dapat memperburuk kondisi perut Anda. Asupan berlebihan dari rempah-rempah juga dapat menyebabkan demam ringan dan kehilangan nafsu makan.

Anda kini sudah tahu apa saja resiko jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berbumbu pedas. Kendati demikian, bukan berarti Anda sama sekali tak boleh mengonsumsinya, hanya saja batasi asupannya agar tidak menyebabkan jenis masalah perut.

Singkirkan masalah perut sepenuhnya dengan mengurangi jumlah asupan makanan pedas. Jika hal ini sulit bagi Anda, lakukanlah perlahan-lahan.

Maag

Makanan pedas dapat menyebabkan ulkus lambung atau tukak lambung pada usus kecil. Hal ini disebut duodenum (ulkus duodenum).

Sejumlah ekstra rempah-rempah dalam makanan Anda juga dapat menyebabkan suatu borok di kerongkongan. Gejala-gejala ulkus lambung adalah sakit perut, mual dan muntah. Jadi, jika Anda memiliki salah satu gejala tersebut lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter.

Bahan kimia dalam makanan pedas mengiritasi ulkus dan dapat menyebabkan peradangan dan perdarahan. Hindari makanan pedas sama sekali jika Anda memiliki ulkus lambung dan masalah perut lainnya.

 Untuk Anda yang mungkin senang dengan sensasi rasa pedas, Anda perlu mengetahui beberapa bahaya bila terlalu banyak menyantap makanan pedas.

Baca juga: Alasan Penderita Diabetes Tipe 2 Perlu Minum Susu saat Sarapan

Nyeri Perut

Karena rempah-rempah kaya akan zat asam, maka mengonsumsi terlalu banyak rempah-rempah dapat menyebabkan sakit perut yang parah. Hal ini dapat merusak dinding perut yang sudah kaya asam, sehingga nantinya akan menyebabkan masalah perut.

Rempah-rempah pedas yang dapat menyebabkan nyeri pada perut jika terlalu banyak dikonsumsi adalah cabai. Pasalnya, cabai mengandung capsaicin, zat kimia yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Apalagi jika dinding perut sudah bermasalah. Itulah alasan asupan makanan pedas menyebabkan masalah pencernaan.

Capcaisin bersifat cenderung berbahaya mengingat fungsi awalnya menjaga serangan hama, kutu, dan serangga di kebun. Hal ini juga menyebabkan masalah asam pada lambung yang kerap membuat nafsu makan menghilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini