Kulit Tangan Mengelupas karena Keseringan Pakai Hand Sanitizer, Ini Solusinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 611 2286817 kulit-tangan-mengelupas-karena-keseringan-pakai-hand-sanitizer-ini-solusinya-X1buMMtUaw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESERINGAN mencuci tangan baik itu menggunakan air dan sabun memang bisa membuat kulit tangan menjadi kering. Apalagi, jika kita menggunakan hand-sanitizer bukan tidak mungkin malah merusak kondisi kulit.

Tidak hanya kering, pada sebagian orang yang memiliki tipe kulit kering dan sensitif, keseringan cuci tangan dapat membuat kulit tangan terkelupas, kasar bahkan bisa juga gatal.

Cuci tangan agar memastikan tangan kita selalu bersih, mencegah penularan virus termasuk virus corona yang tengah menjadi pandemi memang penting. Tapi di sisi lain, memastikan kulit tangan tidak kering, tetap lembap, tidak terkelupas, dan kasar juga tak kalah penting.

Dr. Samer Jaber, founder of Washington Square Dermatology, New York semakin hari semakin banyak pasien yang datang kepadanya dengan kondisi tangan kering, terkelupas, dan gatal-gatal.

hand sanitizer

“Masalahnya ketika kita mencuci tangan secara berlebihan, tangan jadi kering, inflamasi, dan gatal. Beberapa hari ini saya sering melihat pasien yang datang dengan tangan kering, pecah-pecah dan gatal,” ungkap Dr. Samer

Sebagaimana diwarta Foxnews, sebetulnya banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah kulit tangan jadi kasar karena kebiasaan mencuci tangan. Pertama, kita bisa mengganti sabun pencuci tangan yang sebelumnya dengan pengharum dengan hand-soap tanpa pengharum atau fragrance-free.

Cara kedua, dengan selalu siap membawa pelembap saat beraktivitas. Siapkan di dalam tas atau mobil, usai mencuci dan mengeringkan tangan pelembap bisa langsung dipakai.

Untuk pelembap tangan, Dr. Samer menyarankan, alih-alih lotion biasa sebaiknya yang dipakai sebagai krim pelembap adalah krim atau ointment khusus. Sebab, biasanya lotion konsistensinya lebih tipis dan seringnya mengandung alkohol.

“Lotion bagus, tapi krim atau ointment khusus lebih tebal. Hindari pelembap yang diberi wewangian, sebab biasanya mengandung bahan yang memicu iritasi,” tambahnya.

Sementara itu, untuk kondisi kulit tangan yang cenderung gatal atau berdarah saat kering, direkomendasikan untuk mengolesi tangan memakai ointment khusus seperti Vaseline lalu mengenakan sarung tangan katun putih sesaat sebelum tidur. Ketika dibawa tidur, keesokan paginya kulit akan terasa lebih halus dan serasa diremajakan.

Tapi jika cara-cara di atas gagal, mungkin ini pertanda untuk Anda mengunjungi dokter kulit. Sehingga dokter kulit nantinya bisa meresepkan obat krim topikal atau krim non-steroid.

"Jika terus-terusan iritasi dan gatal sampai sangat mengganggu maka segera kunjungi dokter kulit. Tidak ada alasan untuk tidak periksa ke dokter, ke dokter kulit kan mudah,” tegas Dr. Samer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini