Banyak Orang Ngaku Khawatir Kehabisan Persediaan Makanan di Tengah Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 612 2286634 banyak-orang-ngaku-khawatir-kehabisan-persediaan-makanan-di-tengah-pandemi-x0ctRtrFEw.jpg Merasa cemas (Foto: Forbes)

Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir satu tahun lamanya, tak hanya membawa dampak bagi kesehatan seseorang. Stres dan beban mental menjadi masalah lain yang dihadapi masyarakat di seluruh dunia.

Maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK), ekonomi yang semakin sulit, menimbulkan kekhawatiran dan rasa cemas dalam diri masyarakat. Untuk mengetahui tingkat stres yang dimiliki masyarakat, survei yang disponsori oleh American Psychiatric Association dilakukan terhadap 1.004 orang dewasa Amerika.

 stres dan cemas

Survei tersebut diambil pada pertengahan Maret 2020. Hasilnya, sebanyak 57 persen orang mengaku khawatir kehabisan persediaan makanan untuk bertahan hidup sehari-hari.

Sementara 68 persen lainnya cemas terhadap dampak ekonomi jangka panjang akibat pandemi Covid-19.

Asisten Profesor di Sekolah Keperawatan Sue & Bill Gross di Universitas California di Irvine, Dana Rose Garfin, Ph.D, mengatakan, beberapa respon stres yang ditimbulkan masyarakat selama pandemi adalah hal yang normal. Ia juga mempelajari bagaimana peristiwa kesehatan negatif dan bencana komunitas memengaruhi kesehatan.

“Ini mengingatkan Anda untuk berjaga-jaga saat meninggalkan rumah, mengingat untuk tidak menyentuh wajah Anda. Anda ingin itu dimulai,” terang Rose seperti dilansir dari Times Now News.

Hal yang serupa pun diungkapkan oleh Profesor Psikologi di North Carolina State University, Shevaun D. Neupert, Ph.D. Menurutnya seseorang harus bisa mengambil langkah efektif untuk mengelola stres itu dengan baik.

 Baca juga: Cantiknya Wika Salim Pakai Dress Naik Speed Boat, Netizen: Syeger Euy!

"Penting untuk menyadari bahwa hidup kita sangat terganggu saat ini, dan strategi penanggulangan Anda yang telah dicoba dan benar mungkin tidak berhasil. Tidak masalah dengan itu dan cari yang baru,” ucap Shevaun.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini