Makna Batik Printing bagi Desainer Novita Yunus

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 194 2287459 makna-batik-printing-bagi-desainer-novita-yunus-VeDGSkQJfc.jpg Novita Yunus (Foto : Instagram/@yunus.novita)

Perkembangan dunia batik di Indonesia memperlihatkan kemajuan. Semakin banyak jenis batik yang ada di pasaran.

Jika di awal terciptanya batik hanya dibuat melalui proses lukis tulis, kemudian berkembang ke batik cap, kini sangat masif yang namanya batik printing. Teknologi memiliki peranan penting di dalam proses terciptanya batik printing.

Tapi, kehadiran batik printing tidak begitu mulus. Ya, bagi beberapa orang, batik printing tidak bisa disebut sebagai koleksi batik. Hal itu juga yang disampaikan oleh Desainer Novita Yunus.

"Kalau menurut saya, yang namanya batik printing itu bukan koleksi batik, melainkan hanya pabric bermotif batik," katanya dalam sesi Talkshow di Instagram Live, Jumat (2/10/2020).

Batik

Baca Juga : Padu Padan Edgy Style Pakai Batik ala Dian Sastro, Dijamin Kece!

Kenapa disebut sebagai pabric bermotif batik, kata Novita Yunus, karena tidak ada yang namanya proses di dalam pembuatan batik printing. Maksudnya, yang namanya batik itu ada yang namanya proses melukis, menambahkan lilis, mewarnai, hingga kain batik jadi.

"Kalau printing, ya, menempatkan motif batik di atas kain. Sudah begitu saja," tegas Founder of Batik Chic itu.

Berjalannya waktu, rupanya kini banyak juga batik printing yang menyerupai batik cap. Jadi, batik printing terlihat sangat halus sampai-sampai susah membedakan mana batik printing, mana batik cap.

Batik Novita Yunus

Namun, secara sederhananya, kalau yang namanya batik printing itu, ketika dibalik kainnya, kata Novita, maka warna kain hanya putih. Berbeda dengan yang namanya batik tulis, mau dibolak-balik, ya, motifnya muncul dan indah.

"Jadi, kita sebagai bangsa Indonesia menilai batik itu harusnya bukan sekadar mengagumi keindahan motifnya, tetapi harus menghargai proses penciptaannya. Karena di setiap kain batik ada yang namanya cita rasa dan ketekunan para pengrajin," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini