Benarkah Berhenti Mengonsumsi Karbohidrat Usai Makan Siang dapat Turunkan Berat Badan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 298 2287233 benarkah-berhenti-mengkonsumsi-karbohidrat-usai-makan-siang-dapat-turunkan-berat-badan-EvrWeKI0QR.jpg Makan (Foto: Brain World Magazine)

Mengurangi asupan karbohidrat adalah salah satu hal pertama yang dilakukan kebanyakan orang saat mencoba menurunkan berat badan. Karbohidrat selalu dianggap buruk bagi kesehatan dan alasan utama kenaikan berat badan.

Namun, tidak benar sepenuhnya menghindari karbohidrat, karena karbohidrat membantu menjaga kesehatan pencernaan kita dan menyediakan energi. Tanpanya, penurunan berat badan menjadi impian yang jauh.

 makanan

Kebanyakan orang memiliki ketakutan terkait asupan karbohidrat dan hal itu menyulut beberapa rumor. Salah satu yang paling umum adalah menghindari karbohidrat setelah makan siang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Artikel ini akan membantu Anda menemukan kebenaran di balik klaim tersebut.

Melansir Times of India pada Jumat (2/10/2020), karbohidrat adalah makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk menghasilkan energi. Saat kita memikirkan karbohidrat, kita kebanyakan fokus pada pasta, nasi, atau roti.

Padahal, terdapat sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Versi karbohidrat yang lebih sehat tidak menyebabkan penambahan berat badan. Pada gilirannya, mereka meningkatkan kesehatan usus dan membantu pergerakan usus dengan mudah.

Konsep membatasi karbohidrat setelah jam 3 sore bukanlah hal baru. Ini sudah ada cukup lama sekarang. Menurut beberapa teori, makan karbohidrat menjelang waktu tidur tidak memberi tubuh kita banyak waktu untuk mencerna makanan. Jadi semua karbohidrat yang tersisa diubah menjadi lemak saat Anda tidur.

Tapi ini sama sekali tidak benar, karbohidrat diubah menjadi glukosa, yang digunakan sebagai energi untuk menjalankan fungsi tubuh saat Anda tidur.

Masalah sebenarnya bukanlah karbohidrat. Ini adalah berapa banyak karbohidrat yang Anda konsumsi pada suatu waktu. Jika Anda makan sesuatu dalam jumlah banyak, itu akan memiliki beberapa efek samping, tidak peduli seberapa sehatnya itu. Anda membutuhkan karbohidrat untuk mengisi bahan bakar diri sendiri di malam hari.

Hingga saat ini, belum ada bukti kuat yang mendukung bahwa menghindari karbohidrat setelah jam 3 sore dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat.

Baca juga: Selamat Hari Batik Nasional! 3 Gaya Selebriti Hijab Ini Bisa Jadi Inspirasi

Semua bermuara pada berapa banyak kalori yang Anda konsumsi dalam sehari dan jenis makanan apa yang termasuk dalam diet Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini