Selain Atasi Sembelit, Ini 3 Manfaat Lain Makan Mangga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 298 2287464 selain-atasi-sembelit-ini-3-manfaat-lain-makan-mangga-OchAgtF5Ac.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SULIT untuk buang air besar akhir-akhir ini? Sembelit memang bisa dialami semua orang, apalagi ketika mereka jarang mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Nah, untuk mempermudah dan membebaskan diri dari sembelit, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, salah satunya mangga.

Mangga kaya akan pektin berserat, yang membantu memecah makanan dalam sistem pencernaan. Mangga juga mengandung beberapa enzim yang membantu memecah protein, seperti amilase yang dapat membantu dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Ternyata, selain melancarkan pencernaan, ada manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi mangga. Berikut seperti dilansir dari Boldsky.

mangga

Menjaga kesehatan mata

Mangga kaya akan vitamin A. Satu iris mangga setara dengan 25 persen asupan kebutuhan harian Anda akan vitamin A. Mangga membantu meningkatkan penglihatan yang baik, mengatasi mata yang kering, dan juga dapat membantu mengatasi rabun malam.

Mengelola kolesterol

Mangga memiliki tingkat vitamin C, pektin, dan serat yang tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga juga kaya akan kalium yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Ini membantu dalam mengendalikan detak jantung serta tekanan darah.

Menetralkan keasaman

Mangga kaya akan asam tartarat, asam malat, serta asam sitrat yang membantu menjaga cadangan alkali tubuh serta menghindari masalah keasaman. Alkalisasi tubuh penting dilakukan karena sejumlah makanan tertentu dapat membuat zat asam di tubuh Anda yang dapat mengganggu proses pencernaan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini