4 Cara Menurunkan Kolestrol, Dicoba Yuk

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 481 2287534 4-cara-menurunkan-kolestrol-dicoba-yuk-gdUsxEEv6P.jpg Daging penuh kolestrol (Foto: Pixabay)

Kolestrol yang terlalu banyak di badan tak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu kita harus mencari cara untuk menurunkannya.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk menurunkan kolestrol? Simak ya.

 perlu menurunkan berat badan

1. Turunkan berat badan

Anda tidak perlu menurunkan banyak bobot berat badan untuk menurunkan kolesterol. Turunkan 4,5 kg bobot tubuh, Anda akan mengurangi LDL hingga 8 persen. Tetapi untuk mengurangi berat badan, Anda harus melakukannya seiring dengan waktu.

2. Selalu bergerak

Berolahraga sekiranya 2,5 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL, LDL dan trigliserida. Jika Anda belum terbiasa cobalah dengan perlahan selama 10 menit beraktivitas.

3. Konsumsi makanan berserat

Oatmeal, apel, plum dan kacang tinggi serat dapat menyerap kolesterol dalam tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lima hingga 10 gram lebih banyak serat setiap hari menyebabkan penurunan LDL. Selain itu makanan berserat juga akan membuat perut terasa lebih kenyang.

Baca juga: Selamat Hari Batik Nasional! 3 Gaya Selebriti Hijab Ini Bisa Jadi Inspirasi

4. Konsumsi Ikan

Cobalah mengonsumsi ikan dua sampai empat ekor setiap minggunya. Tidak hanya lemak, namun kandungan omega 3 pada ikan dapat menggantikan daging merah. Ikan dapat menurunkan kolesterol dengan mengurangi penyerapan tubuh terhadap lemak jenuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini