5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Jum'at 02 Oktober 2020 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 481 2287591 5-makanan-yang-cocok-dikonsumsi-sebelum-olahraga-22mfhvwfoT.jpg Ilustrasi. (Foto: Heart)

SEBELUM melakukan olahraga sebaiknya tetap mengonsumsi makanan agar mendapat pasokan energi. Jika terlewatkan, maka bisa saja tubuh akan sangat lemah ketika bergerak. Dampak terburuk justru timbul sakit usai berolahraga.

Mengonsumi makanan dengan jumlah sedikit sebelum berolahraga dinilai sudah cukup. Sebab, perut jadi tidak kosong sama sekali dan ada energi yang masuk.

Nah, berikut ini lima makanan yang cocok dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas olahraga, sebagaimana dikutip dari Boldsky.

1. Oats

Oats dikemas dengan serat yang dapat memfasilitasi pelepasan karbohidrat dengan stabil sehingga memberi Anda energi selama latihan. Oats juga mengandung vitamin yang berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

2. Pisang

Pisang sangat bagus dalam penyedia karbohidrat sebagai bahan bakar yang bisa digunakan untuk berolahraga. Pisang mengandung potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf. Memakan pisang sebelum berolahraga membuat tubuh Anda mendapat asupan protein penting guna membangun dan memperbaiki otot.

Pisang. (Foto: Giorgio Trovato/Unsplash)

3. Roti Gandum

Roti gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat bagus jika dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Anda juga bisa menambahkan beberapa topping di atasnya, seperti selai dan madu.

4. Alpukat

Alpukat memiliki kadar asam oleat tinggi yang dapat membantu memperbaiki sel. Jika Anda mengonsumsi alpukat sebelum berolahraga, akan mengurangi peradangan di tubuh. Lemak serat yang tinggi juga akan membuat Anda tidak merasa lapar saat berolahraga.

5. Putih Telur

Mengonsumsi lemak dan kuning telur dapat menyebabkan kembung dan lesu saat berolahraga. Untuk itu, sebelum Anda melakukan olahraga lebih dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur karena putih telur tidak mengandung lemak dan dapat memberi Anda 4 gram protein.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini