5 Cara Supaya Bisa Semangat Berolahraga di Pagi Hari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 481 2287604 5-cara-supaya-bisa-semangat-berolahraga-di-pagi-hari-H4r9GAk9IE.jpg Ilustrasi olahraga lari. (Foto: Chander R/Unsplash)

OLAHRAGA merupakan aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab dengan berolahraga, tubuh akan tetap fit dan metabolisme terus membaik.

Aktivitas olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari. Ketika itu udara masih segar dan tubuh belum disibukkan dengan kegiatan lain.

Lalu bagaimana agar bisa semangat bangun pagi dan berolahraga? Berikut ini caranya, sebagaimana dirangkum dari Time.

1. Makan dengan benar malam sebelumnya

Makanan yang Anda makan malam sebelum berolahraga akan berdampak pada perasaan ketika pergi ke gym atau berolahraga sendiri di rumah pada pagi hari.

"Jika Anda memotong roti meatloaf dan bawang putih yang ditinggalkan ibu pada pukul 9 malam, kemungkinan besar Anda akan terbangun dengan perasaan seperti sepotong daging yang lambat," kata Noah Neiman, pelatih utama di Barry's Bootcamp di Kota New York.

Buatlah kesepakatan dengan diri sendiri untuk makan protein tanpa lemak, sayuran, dan lemak sehat sehingga bangun dengan perasaan kenyang dan tidak lelah.

"Ini memberi waktu bagi perut Anda untuk mencerna makanan sehingga tidak ada 'pesta' ketika Anda mencoba tidur siang," terang Leslie Bonci RD, pendiri Active Eating Advice dan direktur nutrisi olahraga di University of Pittsburgh Medical Center.

Olahraga lari. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

2. Tidur lebih awal

Akan lebih mudah untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari jika Anda sudah memasukkan 7 jam tidur yang direkomendasikan oleh pakar. Jadi Anda perlu mengubah pola tidur.

"Tubuh memiliki ritme sirkadian internal yang jika Anda melakukan yang terbaik untuk tidak mengganggu, itu membuat bangun di pagi hari jauh lebih mudah," jelas Joe Holder, pelatih di S10 Training di New York City.

Hal yang mesti diperhatikan di sini ialah batasi penggunaan ponsel, komputer, dan TV sebelum tidur sehingga cahaya biru tidak menggangu tidur Anda.

3. Temukan tujuan yang diinginkan

Kegembiraan akan membantu Anda bangun dan keluar. Itu bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti daftar apa yang membuat Anda bahagia.

"Tubuh Anda adalah mesin yang sangat mudah beradaptasi yang merespons stimulus yang Anda berikan," kata Neiman.

"Jika Anda dapat memotivasi diri sendiri, yang selalu merupakan bentuk motivasi terkuat, dan cukup ke gym atau memulai latihan setiap pagi; tubuh Anda akan beradaptasi, membuatnya lebih mudah untuk secara rutin memutus keringat pagi hari itu," tambahnya.

4. Atur pagi sebelumnya

Semakin sedikit Anda harus memikirkan ketika alarm berbunyi, maka itu semakin baik. "Baringkan sepatu dan pakaian Anda di malam hari," kata Kristin McGee, instruktur yoga dan pilates selebriti di New York City.

"Miliki camilan praolahraga sebelum pergi dan atur teko kopi untuk mulai mendidih pada saat yang sama dengan alarm Anda. Setelah Anda bangun tidur, semuanya sudah siap untuk Anda," paparnya.

5. Memiliki teman latihan pagi hari

Anda mungkin memiliki teman yang sudah bangun di pagi hari untuk berolahraga, atau ingin mulai melakukannya. Nah, buat rencana untuk bertemu dengannya di gym atau kelas yang akan membuat Anda bertanggung jawab.

"Anda akan merasa 'ditagih' ketika tahu seseorang sedang menunggu Anda, dan Anda bahkan akan mendapat manfaat dari interaksi sosial ini, terlepas dari seberapa cepat atau berkeringatnya itu," kata Liz Barnet, instruktur kekuatan kepala di Uplift Studios di New York City.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini