Deretan Makanan yang Bisa Bantu Lebih Berkonsentrasi

Jum'at 02 Oktober 2020 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 481 2287623 deretan-makanan-yang-bisa-bantu-lebih-berkonsentrasi-wmXJ6mheKo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KONSENTRASI menjadi salah satu hal yang diandalkan dalam kehidupan manusia. Melalui konsentrasi akan diraih hasil yang maksimal di segiap aktivitas.

Konsentrasi membutuhkan ingatan yang bagus. Daya ingat bisa diraih, salah satunya, dengan mengonsumi makanan yang berkualitas sert sehat.

Baca juga: Sederet Obat Alami untuk Pertolongan Pertama Lawan Flu, Ada di Dapur Kok 

Nah, berikut ini makanan yang bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat manusia, sebagaimana dilansir dari Webmd.

1. Ikan

Ikan adalah makanan sumber protein yang bisa meningkatkan fungsi otak manusia. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci untuk kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan luar biasa untuk otak seperti menurunkan demensia, risiko stroke, dan meningkatkan memori, terutama saat kita bertambah tua. Untuk kesehatan otak dan jantung, makan dua porsi ikan setiap minggu.

Ikan. (Foto: Jeremy Stewart/Unsplash)

2. Kacang dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang baik dari antioksidan vitamin E. Dalam beberapa penelitian dijelaskan kalau biji-bijian bisa mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Dark chocolate juga memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, dan mengandung stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Turun, Protokol Kesehatan Tetap Harus Dilakukan Sekalipun di Rumah 

3. Alpukat dan biji-bijian

Setiap organ dalam tubuh tergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Diet tinggi biji-bijian dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Ini mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, cara yang sederhana dan lezat untuk mengaktifkan sel otak.

Biji-bijian utuh, seperti popcorn dan gandum utuh, juga menyumbangkan serat makanan dan vitamin E. Meskipun alpukat memiliki lemak, itu adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk membantu aliran darah yang sehat.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini