5 Tanda Hubungan Suami dan Istri Tidak Sehat, Butuh Konseling Pernikahan!

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 23:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 612 2287630 5-tanda-hubungan-suami-dan-istri-tidak-sehat-butuh-konseling-pernikahan-nfI976p3hT.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Konflik dan ketidaksepakatan adalah bagian dari setiap hubungan. Banyak yang percaya bahwa argumen dan perbedaan pendapat, terkadang dapat mendekatkan orang dan terkadang juga dapat membuat perubahan positif dalam hidup seseorang. Dalam hal pernikahan, meskipun sangat normal untuk berdebat tentang perbedaan pendapat, namun jangan sampai perdebatan tersebut membuat hancur hubungan pernikahan anda.

Mengapa konseling pernikahan penting?

Banyak orang berpikir bahwa perbedaan pendapat dalam suatu pernikahan adalah hal yang sangat wajar, sehingga banyak sekali orang yang mengatakan hal tersebut, karena mengira bahwa fase seperti ini memang sudah pasti terjadi dalam kehidupan pernikahan. Namun sebenarnya pada saat mengalami perselisihan yang anda dan pasangan sudah tidak sanggup untuk mengatasi nya, maka sebaiknya Anda harus mencari bantuan dan berkonsultasi dengan para ahli.

Mungkin ada kalanya Anda tidak dapat memahami apa yang dipikirkan atau dialami pasangan Anda. Oleh karena itu, sebelum terlambat, maka intropeksi diri anda. Berikut beberapa tanda yang membantu Anda menyadari perlunya konseling pernikahan.

1. Anda dan pasangan sulit untuk berkomunikasi

Pacaran

Komunikasi adalah kunci utama dalam setiap pernikahan. Karena hal Ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang pasangan Anda alami atau yang sedang dia inginkan dari pernikahan anda. Tetapi ada kalanya anda dan pasangan merasa sulit untuk berkomunikasi satu sama lain. Banyak hal yang sulit untuk terucapkan dan hilang begitu saja dalam keheningan.

Jika terjadi seperti itu didalam kehidupan pernikahan Anda saat ini, maka segeralah Anda mencari bantuan dari pihak ketiga yang dapat bertindak sebagai media menyampaikan pesan yang selama ini sulit anda dan pasangan ungkapkan.

Baca Juga : Viral Pria Ndeso Nikahi Bule Cantik dengan Mas Kawin Kendi

2. Pembicaraan selalu berujung pertengkaran 

Jika akhirnya kalian mencoba saling mengungkapkan satu sama lain, tetapi akhirnya bertengkar karena hal-hal kecil, maka mungkin sebenarnya ada masalah besar yang masih tertahan di dalam hati, yang hanya bisa diselesaikan oleh terapis. Meskipun Anda mungkin mencintai pasangan Anda dari lubuk hati Anda. Namun, anda sebenarnya sangat membutuhkan mediator yang dapat menceritakan apa yang anda dan pasangan saling inginkan.

3. Anda dan pasangan memiliki pemikiran yang berbeda

Mungkin pertentangan di antara kalian berdua adalah hal membuat kalian berdua bersatu. Namun, jika setelah bertahun-tahun Anda belum juga menemukan kesamaan, mungkin karena Anda belum cukup mencoba untuk saling mngrti satu sama lain. Maka dengan melakukan konseling pernikahan, anda dan pasangan menjadi saling mengetahui apa keinginan masing-masing.

4. Keuangan selalu menjadi alasan utama pertengkaran

Uang adalah salah satu masalah terbesar yang dapat merusak pernikahan. Dari memperdebatkan transaksi bank Anda, hingga jumlah pengeluaran yang dilakukan setiap hari. Setiap pergerakan keuangan dapat sangat mempengaruhi hubungan Anda. Tapi yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah itu benar-benar berharga. Karena Itulah yang anda butuhkan dari peran konseling pernikahan ini, yaitu untuk menyadari anda maupun pasangan anda.

Pacaran

5. Apakah kalian menyimpan rahasia satu sama lain?

Pernikahan adalah ikatan antara dua orang yang tidak menerima segala bentuk rahasia. Tetapi jika Anda selama ini menyembunyikan sesuatu dari pasangan Anda, itu berarti Anda tidak cukup mempercayai mereka. Ini adalah salah satu masalah paling berat dalam hubungan pernikahan. Dan hal ini yang membuat anda mungkin sangat membutuhkan konseling pernikahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini