500 Ribu Hiu Harus Mati demi Selamatkan Manusia dari Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 612 2287673 500-ribu-hiu-harus-mati-demi-selamatkan-manusia-dari-covid-19-drtMFG3lPi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAMPAI saat ini, banyak negara berlomba mencari vaksin dan obat untuk virus Corona Covid-19. Virus ini pun dikabarkan berawal dari kelelawar.

Tapi, dalam proses pembuatan vaksin, para peneliti menggunakan hiu sebagai bahan utamanya. Dalam laporan Mirror, hiu dijadikan bahan utama vaksin karena dalam hati hewan tersebut terkandung minyak alami bernama squalene.

Squalene inilah yang digunakan sebagai obat dan juga sebagai adjuvan untuk meningkatkan efektivitas vaksin. Akibat situasi tersebut, diperkirakan akan ada 500 ribu hiu mati dibunuh demi menyelamatkan manusia dari Covid-19.

mencari Vaksin Covid-19

Stefanie Brendl, Pendiri dan Direktur Eksekutif Shark Allies menyatakan, memanen sesuatu dari hewan liar tidak akan pernah berkelanjutan, terutama jika predator puncak yang tidak berkembang biak dalam jumlah besar.

Dalam unggahan di Facebook, dia menambahkan bahwa timnya tidak mencoba memperlambat atau menghalangi produksi vaksin. Tapi, ada fakta yang mesti diketahui masyarakat. "Kami hanya meminta agar pengujian squalene non-hewani dilakukan bersama squalene hiu sehingga dapat segera diganti," tegasnya.

Baca Selengkapnya: Waduh, Hiu Jadi Bahan Utama Pembuatan Vaksin Covid-19

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini