11 Tanda Bahaya Implan Payudara yang Bisa Mengakibatkan Kanker

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 612 2287926 11-tanda-bahaya-implan-payudara-yang-bisa-mengakibatkan-kanker-XAo4DUzZJN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TREN memperbesar payudara semakin marak dilakukan perempuan. Banyak alasan yang dilontarkan, namun kebanyakan hanya sebatas estetika. Ya, fisik yang dianggap menarik oleh kebanyakan perempuan adalah punya payudara besar.

Alhasil, cara-cara seperti implan payudara menjadi jalan alternatif yang menggiurkan. Tindakan ini memungkinkan Anda memiliki ukuran payudara yang lebih besar dari aslinya dengan instan.

Namun, tidak ada tindakan medis tanpa risiko. Efek samping tentunya disadari para pelaku implan payudara ini, tapi tetap saja upaya memperbesar payudara dilakukan.

Salah satu risiko nyata dari tindakan ini adalah kanker payudara. Dijelaskan Ahli Kanker Payudara Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, implan payudara memang bisa dikatakan sebagai 'gerbang' dari kanker payudara.

Kanker Payudara

"Risiko kanker payudara dari perempuan yang melakukan implan bisa terjadi jika implannya pecah. Ini sangat berisiko," terangnya dalam Webinar Kupas Tuntas Kanker Payudara, Sabtu (3/10/2020).

Prof Aru melanjutkan, jika tindakan implan dilakukan dengan benar dan kondisi implan terjaga dengan baik, maka tidak ada risiko apa-apa. Sehingga, sangat disarankan bagi perempuan yang melakukan implan payudara memastikan 'tambahannya' itu tidak pecah.

"Implan itu kan seperti kantong yang berisi air. Jadi, ketika kantongnya pecah, ya, tentu jadi masalah dan salah satunya berisiko kanker payudara," ungkapnya.

Tapi, jika saat ini Anda masih mempertahankan implan di payudara, peneliti sangat menyarankan untuk melepaskannya, apalagi jika Anda sudah mengalami beberapa gejala klinis yang membahayakan.

Ya, dikutip dari AZ Family, para pelaku implan payudara biasanya akan mengalami beberapa gejala klinis seperti:

1. Mati rasa dan kesemutan

2. Nyeri sendi dan otot

3. Rambut rontok

4. Kehilangan memori atau masalah kognitif

5. Mata kering atau penglihatan kabur

6. Kelelahan kronis

7. Nyeri di payudara

8. Muncul ruam atau gatal di payudara

9. Intoleransi makanan

10. Gejala mirip flu seperti demam

11. Sulit bernapas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini