Masyarakat Harus Siap Terima Kenyataan Pakai Masker Selamanya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 612 2288019 masyarakat-harus-siap-terima-kenyataan-pakai-masker-selamanya-AA1agnaaFB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENGGUNAAN masker menjadi salah satu alat pelindung diri yang paling ampuh mencegah penularan virus Corona Covid-19. Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat dan vaksin untuk virus corona.

Bicara soal masker, belum lama ini Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk memakai tiga jenis masker saja agar terhindar dari paparan virus corona saat berada di luar rumah. Ketiga jenis itu adalah masker N95, masker bedah, dan masker kain.

"Saya sering mengatakan masker itu ada tiga, pertama masker N95, ini memang sudah standar yang tinggi karena dipakai petugas kesehatan yang berhadapan langsung dengan virus di laboratorium. Kemudian, masker bedah yang biasa dipakai tenaga medis, dan ketiga masker kain," kata Yuri dalam keterangan resminya di laman Kemenkes.

Ketua Departemen Epidemiologi Penyakit Mikroba di Yale School of Public Health, Albert Ko melihat, penggunaan masker diprediksi akan selamanya dikenakan manusia.

"Orang-orang mesti menerima kenyataan bahwa masker akan menjadi bagian dari kehidupan kita semua tanpa batas," ujar Ko pada The Atlantic, dikutip dari Huffpost.

Baca Selengkapnya: Ahli Epidemiologi: Manusia akan Pakai Masker Selamanya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini