Dibanding Uang, Gagang Pintu Lebih Mudah Tularkan Virus Corona

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 612 2288025 dibanding-uang-gagang-pintu-lebih-mudah-tularkan-virus-corona-FqjAo12Ihm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa uang kertas kemungkinan dapat menularkan Covid-19. Tanpa virus corona pun, uang memang harus dianggap sebagai benda yang kotor, lantaran terlalu banyak berpindah tangan.

"Uang sering berpindah tangan dan dapat membawa semua jenis bakteri dan virus. Kami menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas, dan menghindari menyentuh wajah mereka,” tulis WHO dalam keterangannya.

Ia juga menyarankan penggunaan opsi pembayaran cashless jika memungkinkan, untuk meminimalkan risiko penularan virus. Penularan penyakit dengan cara lain pun diungkapkan Kepala Pengobatan Infeksi di Universitas Edinburgh, Prof Jürgen Haas

Melansir Guardian, Uang memang dapat membawa virus corona. Tapi risikonya cukup kecil. Jangan terlalu khawatir tentang uang logam. Sebab koin sebenarnya adalah lingkungan yang sangat buruk bagi virus untuk bertahan hidup.

Tapi, yang lebih berbahaya dari uang adalah gagang pintu atau pegangan lainnya juga bisa menularkan virus Covid-19. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat Anda menyentuh benda-benda tersebut. Sering-seringlah mencuci tangan untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya: 7 Benda yang Bisa Sebarkan Covid-19, Apa Saja?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini