Cegah Penularan Covid-19, Terapkan 5 Protokol Kesehatan di KRL

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 481 2288474 cegah-penularan-covid-19-terapkan-5-protokol-kesehatan-di-krl-5rdlXrXEQy.jpg (Foto: Okezone)

Kereta listrik atau KRL merupakan salah satu transportasi umum yang diminati masyarakat. KRL memiliki rute yang cukup jauh serta harganya yang terjangkau. Maka tak heran, hal ini membuat keadaan KRL selalu penuh sesak.

Di masa pandemi Covid-19 KRL melakukan beberapa pembenahan guna menekankan angka penyebaran virus corona. Salah satu cara untuk menekan penyebaran virus corona ialah melakukan pembatasan jumlah penumpang, hingga disinfeksi secara berkala.

Sementara itu, sebagai penumpang kita juga harus sama-sama menerapkan protokol kesehatan. Merangkum akun Instagram resmi KRL pada Senin (5/10/2020), berikut 5 protokol kesehatan yang bisa Anda lakukan.

1. Memakai masker

Masker merupakan salah satu benda wajib yang harus digunakan ketika Anda berada di luar rumah. Baru-baru ini, pihak KRL juga mengimbau agar lebih baik jika Anda mengenakan masker 3 lapis. Jika tidak punya, Anda bisa menyelipkan tisu di dalam masker.

2. Mengenakan face shield

Untuk memberikan perlindungan tambahan, Anda bisa mengenakan face shield. Hal ini mengingat bahwa masker hanya bisa melindungi area hidung dan mulut saja. Dengan menggunakan face shield, area mata Anda pun dapat terlindungi.

 Kereta listrik atau KRL merupakan salah satu transportasi umum yang diminati masyarakat.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Telur yang Perlu Anda Tahu

3. Gunakan pakaian lengan panjang

Setelah area wajah terlindungi dari paparan Covid-19, Anda juga bisa mengenakan pakaian lengan panjang untuk melindungi bagian tubuh. Kenakanlah outfit yang nyaman dan praktis agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

4. Hand sanitizer

Fasilitas cuci tangan tidak tersedia di dalam gerbong kereta. Jadi, jika Anda tidak sengaja menyentuh sesuatu dan ingin membersihkannya, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

5. Tidak berbicara

Angkutan umum seperti kereta membuat Anda bertemu dengan orang asing setiap harinya. Untuk itu, hindari berbicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di rangkaian kereta demi keselamatan bersama. Jika ada hal mendesak, cobalah untuk menyampaikannya lewat pesan elektronik ke rekan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini