5 Protokol Kesehatan yang Harus Anda Lakukan saat Naik Transjakarta

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 481 2288517 5-protokol-kesehatan-yang-harus-anda-lakukan-saat-naik-transjakarta-PgPcAphTrc.jpg Naik Transjakarta (Foto: Okezone)

Ada beberapa perubahan perilaku yang harus dijalankan oleh masyarakat selama pandemi Covid-19. Mulai dari adaptasi kebiasaan baru saat bersosialisasi, hingga ketika menaiki kendaraan umum seperti bis.

Berikut 5 protokol kesehatan yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari akun Instagram resmi @pt_transjakarta pada Senin (5/10/2020).

 naik Transjakarta

1. Menerapkan gerakan 3M

Gerakan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau yang dikenal sebagai 3M merupakan adaptasi kebiasaan baru yang harus dijalankan dimana pun Anda berada, termasuk saat naik bis.

Jangan pernah melepaskan masker saat Anda berada tempat umum demi keamanan bersama dengan pengguna lain. Selain itu, selalu menjaga jarak guna menghindari bersentuhan antar sesama penumpang.

2. Cari ruang terbuka

Jika halte bis dirasa penuh, ada baiknya Anda menunggu di ruang terbuka daripada berdesakan di dalam halte bus. Ini dilakukan agar jaga jarak antar penumpang dapat terwujud.

3. Menerapkan etika batuk dan bersin

Terapkan etika batuk dan bersin yang sesuai dengan protokol kesehatan. Seperti tidak membuka masker saat batuk dan bersih. Serta ganti masker jika dirasa masker kotor, lembab, atau basah.

4. Tidak melakukan percakapan

Selama berada di halte maupun di dalam bis, usahakan agar Anda tidak melakukan komunikasi secara langsung ataupun melalui telepon. Hal ini dikarenakan partikel droplet yang keluar saat Anda berbicara bisa saja menyebar dan menimbulkan risiko terjadinya penularan virus corona.

Baca juga: Pesona Wulan Guritno dan Shaloom, Cantik Bagai Pinang Dibelah Dua

5. Duduk atau berdiri sesuai petunjuk

Setiap bis akan dipasang tanda untuk duduk atau berdiri demi terciptanya jaga jarak yang aman. Jika Anda duduk di dalam bis, pilihlah kursi yang tidak terdapat tanda "X". Dan jika Anda berdiri, pilihlah di atas garis merah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini