Ladies, Ini 5 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Kamu Ketahui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 611 2288536 ladies-ini-5-penyebab-kulit-kering-yang-perlu-kamu-ketahui-LSMLnMUI8B.jpg Merawat kulit (Foto: Scripps Affiliated Medical Group)

Pernahkah kamu memikirkan penyebab sebenarnya dari kulit kering? Hal ini disebabkan oleh kerusakan penghalang kulit dan disfungsi atau kekurangan lemak sehat yang diperlukan di lapisan atas kulit.

Biasanya, lapisan atas terbuat dari sel-sel mati dan minyak alami, ini membantu memerangkap kelembapan agar kulit tetap halus dan lembut. Tetapi jika tidak ada cukup air di lapisan atas, itu mengakibatkan kulit kering.

Tak hanya itu, berikut beberapa penyebab kulit kering lainnya seperti dilansir dari laman Times of India pada Senin (5/10/2020).

 parfum

1. Parfum

Kamu mungkin tidak pernah menyangka, tetapi wewangian dapat mengiritasi kulit kering atau memperburuknya. Aroma juga merupakan sumber umum dermatitis kontak alergi. Oleh karena itu kamu perlu menghindari deodoran dan produk yang mengandung terlalu banyak wewangian.

2. Sabun dan sampo

Ada banyak sabun, deterjen, dan sampo yang dapat mengurangi kelembaban kulit dan kulit kepala kamu. Ini karena mereka diformulasikan untuk menghilangkan minyak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih sabun wajah, sabun mandi, dan deterjen yang tidak berbahaya bagi kulit kamu.

3. Faktor genetik

Kulit kering bisa sangat diwariskan. Sekitar 10% populasi menderita kulit kering dan memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan eksim.

Jika kamu memiliki kulit kering, bisa jadi karena sudah turun temurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga dirimu tetap lembab setiap saat.

4. Air

Ketika air keran mengandung mineral tingkat tinggi seperti kalsium dan magnesium, itu disebut air sadah. Mineral ini dapat meninggalkan lapisan pada kulit yang menyebabkan kekeringan.

Investasikan dalam sistem filtrasi rumah dan ini akan membantu Anda melindungi kulit dari air sadah. Tambahkan produk perawatan kulit ke rutinitas Anda yang mengandung vitamin A dan C.

Baca juga: Pesona Wulan Guritno dan Shaloom, Cantik Bagai Pinang Dibelah Dua

5. Terlalu sering mandi air panas

Mungkin terlalu menggoda untuk berdiri di bawah pancuran air panas dalam waktu lama, terutama selama bulan-bulan yang dingin. Tapi kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah pada kulit Anda.

Ini mengeringkan kulitmu dan menghilangkan semua kelembaban dari kulitmu. Batasi waktu mandi air panas dan pastikan kamu melembabkan kulit usai mandi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini