Mau Rambut Cepat Panjang? Terapkan 5 Langkah Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 611 2288614 mau-rambut-cepat-panjang-terapkan-5-langkah-ini-hXEwVJSIv3.jpg Merawat rambut (Foto: The Ayuverda)

Tampaknya kini rambut panjang lebih diminati para wanita dibandingkan yang pendek. Karena dengan memiliki rambut panjang, Anda dapat dengan mudah membentuk rambut seperti yang Anda inginkan seperti membuat kepangan atau mengeritingnya.

Namun, bagi sebagian orang pertumbuhan rambut terasa lambat. Tentunya hal tersebut menjengkelkan bukan?

 merawat rambut

Sebagai solusi, Anda bisa mengikuti 5 tips berikut ini agar rambut cepat tumbuh dan memanjang, seperti dilansir Elle pada Senin (5/10/2020).

 

1. Perhatikan diet Anda

Diet sangat penting untuk pertumbuhan rambut; Anda perlu makan dalam jumlah yang cukup zat besi, vitamin B, seng, dan protein. 

“Cara diet mempengaruhi pertumbuhan rambut bervariasi dari orang ke orang, tetapi masalah dapat terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengubah pola makan atau mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis karena hal ini dapat mengejutkan dan menggoyahkan pertumbuhan,” kata Steve O'Brien dari London Center of Trichology.

Selain sayuran hijau seperti kangkung dan zat besi, ganggang biru-hijau ini juga tinggi zat besi (mineral yang sangat penting mengingat kondisi defisiensi, anemia, dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut).

2. Berhenti menyumbat folikel Anda

Kotoran, minyak, dan penumpukan produk dapat menyumbat folikel Anda, sehingga menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk mengistirahatkan rambut agar tidak membebani area akar secara berlebihan dengan produk penata rambut, sampo kering, dan bedak penambah volume adalah penyebab yang umum.

3. Eksfoliasi kulit kepala Anda

Jika kulit kepala Anda adalah pintu gerbang menuju rambut yang sehat, masuk akal jika pengelupasan membantu meningkatkan pertumbuhan. Gunakan sampo detoksifikasi atau scrub kulit kepala seminggu sekali untuk membersihkan dan menghilangkan sebum berlebih dari folikel secara menyeluruh, serta penumpukan produk yang disebutkan di atas.

4. Konsumsi kafein

Kafein diketahui dapat merangsang batang rambut dengan menghalangi efek DHT, zat kimia yang diketahui dapat merusak folikel rambut. Menurut ilmuwan Jerman di University of Lübeck, hal itu dapat mempercepat pertumbuhan rambut hingga 25 persen. Sayangnya meminumnya mungkin bukan cara terbaik untuk membantu pertumbuhan rambut.

Baca juga: Pesona Wulan Guritno dan Shaloom, Cantik Bagai Pinang Dibelah Dua

5. Pijat kulit kepala Anda

Pijat merangsang sirkulasi darah, mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan folikel rambut. Menarik rambut dengan lembut (sehingga Anda merasakan ketegangan, bukan nyeri) dan melakukan teknik ketukan berirama adalah dua metode pijat yang bisa Anda coba sendiri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini