Hari Guru Sedunia, Ini Suara Hati Pendidik Bangsa di Tengah Pandemi

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 612 2288509 hari-guru-sedunia-ini-suara-hati-pendidik-bangsa-di-tengah-pandemi-XUFyLuEA0x.jpg Guru pendidik bangasa

Hari Guru Sedunia diperingati setiap 5 Oktober. Ini menjadi momen penting bagi para guru di seluruh dunia. Apalagi guru merupakan tombak pendidikan anak bangsa sebagai generasi masa depan.

Hari Guru Sedunia ini dimulai pada 5 Oktober 1994. Menurut UNESCO, peringatan tersebut mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.

guru bekerja di tengah pandemi

Seorang guru agama di Pesantren Al Masthuriyah, Sukabumi Jawa Barat, Ustadz Mumu Mudzakir mengatakan, di tengah Hari Guru Sedunia ini, ia berharap agar lebih diperhatikan, khususnya para honorer yang menggantungkan penghasilannya dari sekolah tempatnya mengajar. Apalagi guru juga banyak yang mengalami kesulitan di tengah pandemi.

"Harapannya semoga para guru lebih diperhatikan lagi, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini," katanya saat dihubungi Okezone, Senin (5/10/2020).

Di tempat terpisah, Guru SD Al Insyroh Bogor Jawa Barat, Gina Fikriani Rahman bilang mengaku, ada kekhawatiran kepada para guru di tengah pandemi.

Namun di Hari Guru Sedunia ini ia berharap kehidupan guru dapat berjalan normal kembali, baik dari kegaiatan mengajar sampai keadaan ekonominya.

Baca juga: Pesona Wulan Guritno dan Shaloom, Cantik Bagai Pinang Dibelah Dua

"Keadaan ini memang sulit untuk semua orang, tapi saya meyakini bahwa semua guru pasti selalu akan memberikan kemampuan terbaik mereka agar pembelajaran dapat terus berlangsung secara efektif," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini