Pengisi Suara Doraemon Pertama, Tomita Kosei Meninggal Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 612 2288596 pengisi-suara-doraemon-pertama-tomita-kosei-meninggal-dunia-0wSM4CUBhF.jpg Tomita Kosei meninggal dunia akibat stroke (Foto : Worldofbuzz)

Pengisi suara pertama serial animasi populer asal Jepang, Doraemon dikabarkan telah meninggal dunia. Pria bernama Tomita Kosei tersebut meninggal dunia pada usia 84 tahun pada 27 September 2020 setelah menderita penyakit stroke.

Sebagaimana dilansir World of Buzz, Senin (5/10/2020), Tomita telah menjadi pengisi suara asli dari karakter Doraemon sejak mengudara pertama kali pada 1974. Kala itu perannya sebagai pengisi suara Doraemon sempat digantikan oleh Masako Nozawa.

Tomita Kosei

Sayang karier Nozawa untuk memberikan suara pada karakter ikonik ini tidak berlangsung lama. Pasalnya suara yang dihasilkan Nozawa menimbulkan ketidakpuasan di kalangan para penggemar saat itu.

Baca Juga : Desainer Kenzo Takada Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Selain sukses mengisi suara karakter Doraemon, Tomita juga telah menyumbangkan suaranya untuk menghidupkan beberapa karakter animasi lain seperti Detective Conan dan Astro Boy. Ia juga pernah memberikan suaranya di film animasi terkenal Kung Fu Panda.

Meninggalnya Tomita juga mengingatkan masyarakat terhadap pengisi suara Doraemon dalam bahasa Indonesia yakni Nurhasanah Iskandar. Ia meninggal dunia pada Minggu, 12 Juli 2020 pukul 15.00 WIB. Ia telah mengisi suara karakter Doraemon yang disiarkan di RCTI sejak 1993.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini