Desain Kamar Tidur Anak Berpengaruh Terhadap Efek Psikologis

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 612 2288718 desain-kamar-tidur-anak-berpengaruh-terhadap-efek-psikologis-gC14uIAHTC.jpg (Foto: Shutterstock)

Interior designer, Verra Victoria mengatakan dalam mendekorasi kamar seorang anak banyak yang harus dipertimbangkan karena berkaitan dengan psikologis anak itu sendiri.

"Tetapi anda jangan mengabaikan fungsi ruangan atau psikologi anak Anda. Dengan sedikit pemikiran, Anda akan dapat memastikan bahwa kamar anak tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan mereka," kata Verra dalam keterangannya melalui virtual, Minggu (4/10/2020).

Ia melanjutkan, penelitian telah menunjukkan bahwa interior yang dibuat dengan baik dapat meningkatkan efisiensi pribadi, meningkatkan suasana hati, mengembangkan bakat hingga membantu mendidik anak-anak.

"Semua elemen yang digunakan dalam desain interior contoh bentuk, garis, warna, suara, tekstur, gambar dan simbol akan memiliki efek psikologis pada kepribadian dan suasana hati anak," terangnya.

 Mendekorasi kamar seorang anak banyak yang harus dipertimbangkan karena berkaitan dengan psikologis anak.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Telur yang Perlu Anda Tahu

Verra mengatakan, di masa pandemi seperti sekarang ini anak-anak secara psikologi sangat berpengaruh perkembangannya. Terutama dalam hal bersosialisasi secara langsung yang sulit dilakukan, seperti sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang pertama dan kedua.

Selain itu dalam sebuah penelitian telah menunjukkan, bahwa kamar tidur yang penuh dengan mainan dan barang mainan lainnya dapat berdampak negatif pada tidur anak.

Oleh karenanya, kata Verra, tata ruang dari kamar anak sangat memegang peranan sekali saat ini dalam proses perkembangan psikologi dan minat belajarnya.

"Tata ruang dari kamar anak sangat memegang peranan sekali saat ini dalam proses perkembangan psikologi dan minat belajarnya. Bersamaan dengan estetika, pastikan untuk merancang dengan mempertimbangkan fleksibilitas sehingga Anda dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan anak," pungkasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini