Tidur dengan Kipas Angin Menyala Semalaman Bisa Sebabkan Asma Loh

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 612 2288719 tidur-dengan-kipas-angin-menyala-semalaman-bisa-sebabkan-asma-loh-vbqY7ZlBsV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KIPAS angin memang nampak menjadi solusi untuk mengatasi panas, apalagi ketika kita sedang tidur. Memang, National Sleep Foundation menyatakan bahwa suhu kamar terbaik untuk tidur yakni berada di sekitar 18-22 derajat Celcius.

Akibatnya, jika suhu kamar terlalu panas maka kita akan kesulitan tidur. Tapi, menggunakan kipas angin terus menerus juga akan memunculkan efek samping bagi kesehatan kita loh.

Dilansir Bustle, ada beberapa bahaya yang perlu Anda pertimbangkan jika tidur menggunakan kipas angin secara berjam-jam. Pasalnya, jika tubuh Anda tengah tidak fit, tidur menggunakan kipas angin mungkin akan memperburuk keadaan Anda.

Saat kipas menyala, itu menggerakkan udara di sekitar ruangan, dan sangat berpotensi bagi Anda untuk mengalami asma, demam, dan masuk angin.

kipas angin

Ada beberapa efek samping lain bagi kekebalan tubuh kita jika tidur menggunakan kipas angin, yaitu menyebabkan kulit terasa kering dan mata menjadi kering. Apalagi jika kipas angin tersebut dalam keadaan kotor setelah terlalu mengambil banyak debu.

Jika Anda sangat berhati-hati dalam kesehatan Anda, pastikan Anda menjaga kamar Anda sebersih mungkin sehingga kipas tidak terlalu mengambil banyak debu dan alergen.

Anda harus menjaga kipas angin agar tetap bersih, karena hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa tidur tanpa menggunakan kipas angin, disarankan tidak membiarkan kipas angin menyala sepanjang malam sampai Anda terbangun.

Jika terlalu sering, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat memberikan efek samping pada kesehatan, apalagi jika tubuh rentan terhadap penyakit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini