Amankah Menu MPASI Pakai Minyak Kedelai? Ini Kata Ahli Gizi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 298 2289218 amankah-menu-mpasi-pakai-minyak-kedelai-ini-kata-ahli-gizi-xEyPiXkbBt.jpg Minyak kedelai (Foto: Sodrugestvo)

Menentukan menu makanan pendamping ASI atau (MPASI) bukan perkara mudah. Bukan hanya soal apa varian bahan makanan yang dimakan, tapi orangtua mesti tahu apakah makanan tersebut membawa dampak baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bayinya atau tidak.

Di sisi lain, kebanyakan orangtua terlalu fokus memperhatikan protein, vitamin, dan mineral. Padahal bayi pun membutuhkan yang namanya kalori dan salah satunya didapatkan dari sumber lemak.

 Mpasi

"Banyak, lho, orangtua yang menambahkan minyak ke dalam menu MPASI si bayi. Tapi, tentu minyak yang ditambahkan tidak sembarangan," kata Ahli Gizi Seala Septiani, S.Gz., M.Gizi dalam Webinar Nutrisi dan Proteksi untuk Kolesterol di masa Pandemi yang diinisiasi Sania Royale Soya Oil, Selasa (6/10/2020).

Nah, upaya menambahkan minyak ke dalam menu MPASI bayi itu dikatakan Seala sebagai bentuk menambahkan sumber lemak untuk tubuh si bayi. Sebab, jika bicara soal asupan gizi seimbang, maka kalori dari lemak memang perlu dimasukan ke dalam tubuh bayi.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah semua minyak boleh ditambahkan ke MPASI?

Menjawab hal tersebut, Seala menjelaskan terlebih dulu bahwa tidak ada salahnya orangtau menambakan sumber minyak ke MPASI si bayi. Ini dilakukan untuk mengejar kalori yang dibutuhkan tubuh si bayi.

Nah, kalau ditanya minyak apa yang direkomendasikan, Seala menyarankan minyak kedelai. "Terutama minyak kedelai yang mengandung genetically modified organism (GMO) free atau bahan utama minyak tidak berasal dari hasil rekayasa genetika, murni kedelai pilihan," terangnya.

Itu memastikan bahwa apa yang dikonsumsi si bayi memang berkualitas dan memberi manfaat untuk tubuhnya. "Bukankah ini yang memang dicari setiap orangtua, memastikan apa yang dimakan bayinya memang berkualitas?" tambahnya.

 Baca juga: 6 Potret Pevita Pearce Pamer Otot, Netizen: Ditampol Kelar!

Seala melanjutkan, minyak kedelai dengan GMO free pun bisa dipastikan asli terbuat dari sumber nabati dan ini pun memastikan bayi tidak mengalami lonjakan kolesterol tubuh karena tidak ada kandungan kolesterol di sana. Tentu, dengan penggunaan yang cerdas juga pastinya.

"Keamanan pangan untuk bayi itu sangat penting karena itu akan menentukan bagaimana tumbuh kembang dia," ucapnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini