5 Tips Mencegah Diabetes, Apa Saja?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 481 2289149 5-tips-mencegah-diabetes-apa-saja-gW5D4lFHVB.jpg Kurangi konsumsi gula guna mencegah diabetes (Foto: Labellord)

Penyakit tidak menular seperti diabetes, masih banyak diderita oleh banyak orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, mengatur pola hidup yang sehat bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit tersebut.

Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup dapat membantu seseorang menghindari komplikasi kesehatan seperti kerusakan saraf, ginjal, dan jantung akibat diabetes.

Merangkum dari Mayo Clinic, Selasa (6/10/2020), berikut beberapa tips mencegah diabetes berdasarkan American Diabetes Association. Yuk disimak.

 olahraga

1. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik

Ada banyak manfaat melakukan aktivitas fisik secara teratur. Olahraga dapat membantu seseorang, menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin yang membantu menjaga gula darah dalam kadar normal.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes. Manfaat terbesar berasal dari program kebugaran yang mencakup keduanya.

2. Konsumsi banyak serat

Serat dapat membantu seseorang mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah. Selain itu serat juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu seseorang merasa kenyang.

Makanan yang tinggi akan serat diantaranya adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 Baca juga: 6 Potret Pevita Pearce Pamer Otot, Netizen: Ditampol Kelar!

3. Konsumsi biji-bijian

Tidak jelas apa alasannya, tetapi biji-bijian dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Banyak makanan yang terbuat dari biji-bijian siap untuk disantap, termasuk berbagai roti, produk pasta, dan sereal.

4. Turunkan berat badan

Pencegahan diabetes mungkin bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kilogram yang dihilangkan dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Peserta dalam satu penelitian besar kehilangan berat badan dalam jumlah sedang, mereka berolahraga secara teratur dan kondisi itu dapat mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir 60 persen.

5. Hindari diet iseng dan buatlah pilihan yang lebih sehat

Diet rendah karbohidrat, diet indeks glikemik, atau diet mode lainnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan pada awalnya. Tetapi efektivitasnya dalam mencegah diabetes dan efek jangka panjangnya tidak diketahui.

Menghindari atau membatasi secara ketat kelompok makanan tertentu bisa menjadi pilihan terbaik. Sebaliknya, jadikan variasi dan kontrol porsi sebagai bagian dari rencana makan sehat Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini