4 Cara Mengatasi Rasa Cemas yang Berlebihan

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 481 2289327 4-cara-mengatasi-rasa-cemas-yang-berlebihan-vQevfXtB2V.jpg (Foto: Therive Global)

Apakah Anda memiliki suasana hati yang sangat mudah berubah-ubah dan tergantung pada musim? Misalnya seperti saat musim panas Anda merasa senang, maka kondisi seperti gangguan afektif musiman (SAD) dapat menyebabkan episode depresi yang serius selama musim dingin.

Kondisi ini disebut sebagai kecemasan atau perasaan tidak nyaman, serta khawatir atau takut yang mungkin sangat mengganggu kehidupan keseharian. Gejala bervariasi dari orang ke orang sangat tergantung dari seberapa parahnya kondisi mental mereka. Dr. Thiyagarajan menyarankan 5 cara untuk menghadapi kondisi tersebut.

1. Ketahui apa yang Anda hadapi

Penyebab umum kecemasan adalah perasaan kewalahan, tanpa alasan di baliknya. Berbicara dengan teman atau ahli medis tentang gejala Anda dapat membantu Anda memahami tentang apa yang membuat Anda merasa cemas dan tidak nyaman.

2. Tetap sibuk

Menyibukkan diri adalah cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian tubuh Anda dan mencegah gejala kecemasan. Jika Anda merasa sedih, temui beberapa teman untuk minum kopi atau tonton program favorit Anda. Hal ini pasti akan mengangkat semangat Anda dan memfokuskan pikiran Anda pada kebahagiaan. Sehingga dapat menjauhkan Anda dari pikiran ketakutan dan kekhawatiran.

 Kondisi ini disebut sebagai kecemasan atau perasaan tidak nyaman, serta khawatir atau takut yang mungkin sangat mengganggu.

3. Vitamin D

Memanfaatkan sinar matahari pagi. Jalan-jalan pada waktu pagi adalah cara yang baik untuk mendapatkan oksigen yang dibutuhkan oleh otak, serta dapat membantu meredakan perasaan cemas. Sinar matahari pagi juga dapat menjaga melatonin dan kadar serotonin yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan suasana hati dan energi yang lebih baik.

4. Ketahui kapan harus mendapatkan bantuan

Karena kecemasan adalah sesuatu yang dihadapi oleh banyak orang, terkadang sulit untuk mengetahui kapan harus mencari bantuan dari seorang profesional medis. Jika gejala tetap ada dan cara apapun tidak dapat membantu meredakan gejala, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut kepada profesional medis.

Baca juga: Balado Udang Tempe, Cocok untuk Santap Malam Keluarga

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini