4 Bahaya yang Mengintai Bila Sering Minum Air Es

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 481 2289479 4-bahaya-yang-mengintai-bila-sering-minum-air-es-iFYvyQt781.jpg (Foto: Hellosehat)

Meminum air es bagi sebagian orang bisa menyegarkan tubuh saat sinar matahari terik di siang hari. Minuman dingin ini boleh jadi banyak yang menyukai, tetapi ternyata memiliki bahaya yang mengintai apabila terlalu sering mengonsumsinya.

Berikut efek samping apabila sering minum air es, dikutip dari Lifealth.

Pengaruhi denyut jantung

Saat Anda minum air es, maka itu membuat saraf vagus menjadi meningkat. Ketika saraf vagus menjadi meningkat dan super aktif, maka membuat denyut jantung berdetak sangat cepat yang bisa membahayakan kesehatan.

Masalah pernapasan

Jika Anda sering minum air es, maka mungkin menghadapi masalah pernapasan yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Kebiasaan ini juga menimbulkan banyak masalah pernapasan lainnya yang perlu diobati. Memang ketika hidung tersumbat, Anda bisa langsung minum air hangat atau sup agar saluran napas terbuka. Tapi, jika Anda minum air es setiap hari, maka itu bisa menimbulkan masalah yang lebih berat lagi.

 Meminum air es bagi sebagian orang bisa menyegarkan tubuh saat sinar matahari terik di siang hari.

Baca juga: 3 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Jelang Pernikahan

Membatasi penyerapan nutrisi

Suhu normal tubuh manusia berada di 37 derajat celsius. Jadi, saat Anda minum air kurang dari suhu ini, maka tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu. Selanjutnya, jika Anda minum air es sambil mengonsumsi makanan apapun, tubuh mulai bekerja untuk mengatur air. Tapi, tubuh tidak bisa bekerja pada nutrisi karena telah menyia-nyiakan energinya untuk mengatur air.

Memicu migrain

Jika Anda menderita migrain atau infeksi sinus serius, maka seharusnya tidak sering minum air es. Minum air es dalam sebulan sekali juga bisa menyebabkan Anda sakit jika mengalami masalah tersebut. Bila Anda sering minum air es, maka akan membuat saluran hidung dan pernapasan tersumbat yang secara otomatis memicu sakit migrain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini