Minum Kopi Berbahaya bagi Janin Ibu Hamil, Benarkah?

Selasa 06 Oktober 2020 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 481 2289483 minum-kopi-berbahaya-bagi-janin-ibu-hamil-benarkah-3Yt00N8aNV.jpg Kopi (Foto: Okezone)

Beredar mitos larangan minum kopi bagi ibu hamil. Benarkah meminum kopi akan membahayakan janin yang dikandung ibu hamil?

Dikutip Okezone dari buku Fakta 101 Mitos Kesehatan, pernyataan resmi dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan, minum kopi atau minuman berkafein lainnya tidak meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

Asalkan, jumlah kopi atau teh yang dikonsumsi setiap harinya dibatasi menjadi satu sampai dua cangkir atau setara dengan 200 mg kafein. Hal itu disebabkan, karena kopi bisa menghambat penyerapan zat besi dan zinc, yang bisa menyebabkan anemia pada ibu dan bayinya.

Karena ibu hamil wajib melengkapi pola makannya dengan sayuran kaya zat besi dan zinc. Meski dibolehkan dengan catatan tidak melebihi 200 miligram kafein, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan Anda. Karena dokter Anda jauh lebih memahami kondisi kehamilan Anda.

Untuk lebih berhati-hati, sebaiknya ibu menahan diri untuk minum kopi selama kehamilan, ketimbang ibu harus melihat si kecil mengalami sesuatu yang tidak diinginkan.

 Ibu hamil wajib melengkapi pola makannya dengan sayuran kaya zat besi dan zinc.

Baca juga: 3 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Jelang Pernikahan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini