Khasiat Garam, Cegah Hiponatremia hingga Meringankan Masalah Pernapasan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 481 2289489 khasiat-garam-cegah-hiponatremia-hingga-meringankan-masalah-pernapasan-Fyc67IEtna.jpg (Foto: Shutterstock)

Garam menjadi salah satu bumbu dapur. Garam memiliki rasa khas yang asin, yang dapat digunakan untuk menambah lezatnya masakan.

Ternyata, ada beberapa manfaat garam yang mungkin jarang diketahui orang. Berikut ini beberapa khasiat garam.

Mencegah hiponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

Membuat rileks tubuh

Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal. Anda bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh Anda dengan campuran garam tersebut. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Sangat enak untuk campuran air mandi ya!

Membersihkan mulut

Manfaat garam untuk kesehatan ini bsia membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam. Makanya kumur-kumur dengan garam cocok dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ya.

Meringankan masalah pernapasan

Garam ternyata mampu menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup. Selain itu garam membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh. Maka itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

 Ada beberapa manfaat garam yang mungkin jarang diketahui orang.

Baca juga: 3 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Jelang Pernikahan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini