Beautypedia, Apa Itu Freckles?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 611 2289227 beautypedia-apa-itu-freckles-tYgsqUKl2X.jpg Ilustrasi (Foto : Sheknows)

Orang-orang yang sering berjemur di bawah sinar matahari lebih rentan mengalami freckles. Biasanya, freckles juga lebih sering ditemukan pada orang berkulit putih dan rambut berwarna terang seperti ras kaukasia.

Bagi sebagian orang, freckles dianggap sebagai tren kecantikan yang unik. Namun, beberapa lainnya menganggap freckles adalah suatu kelainan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Karena menimbulkan dampak beragam bagi si penderita, memangnya apa sih freckles itu? Melansir Healthline, freckles adalah bintik-bintik coklat kecil di kulit Anda, seringkali muncul di area yang terkena sinar matahari.

Bintik Wajah

Dalam kebanyakan kasus, freckles tidak berbahaya. Mereka terbentuk sebagai akibat dari produksi melanin yang berlebihan, yang bertanggung jawab atas warna kulit dan rambut (pigmentasi). Secara keseluruhan, freckles berasal dari rangsangan radiasi ultraviolet (UV).

Baca Juga : Pesona Cinta Laura Pakai Dress Menerawang, Netizen: Bidadari Salah Tempat Nih!

Ada dua kategori freckles: ephelida dan lentigin surya. Ephelides adalah tipe umum yang kebanyakan orang anggap sebagai bintik-bintik. Lentigin matahari adalah bercak hitam pada kulit yang berkembang selama masa dewasa. Ini termasuk bintik-bintik penuaan dan bintik matahari. Kedua jenis bintik tersebut dapat terlihat serupa tetapi berbeda dalam hal lain seperti perkembangannya.

Bagaimana Anda bisa memiliki freckles?

Bintik Wajah

Ephelides: Bintik-bintik ini terbentuk akibat paparan sinar matahari dan sengatan matahari. Mereka dapat muncul pada siapa saja yang tidak melindungi diri dari sinar UV. Mereka muncul di wajah, punggung tangan, dan tubuh bagian atas Anda. Jenis ini cenderung paling umum di antara orang-orang dengan warna kulit dan warna rambut lebih cerah. Orang keturunan Kaukasia dan Asia lebih rentan terhadap ephelides.

Solar letigines: Seperti ephelides, jenis ini cenderung muncul di Kaukasia dan orang dewasa berusia di atas 40 tahun.

Apa saja yang menyebabkan freckles muncul?

Freckles bisa terjadi karena lingkungan alam dan genetika. Risiko Anda terbakar sinar matahari dapat meningkatkan timbulnya bintik-bintik.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh 523 wanita Prancis paruh baya, dua elemen memprediksi adanya freckles yakni sering terbakar sinar matahari dan gen yang dikenal sebagai MC1R, yang memberikan petunjuk untuk membuat melanin. Tetapi gen tersebut tidak memengaruhi semua individu dengan cara yang sama. Ada dua jenis melanin: pheomelanin dan eumelanin.

Orang yang kulitnya menghasilkan pheomalanin tidak terlindung dari radiasi UV dan cenderung memiliki:

- rambut merah atau pirang

- kulit putih

- bintik-bintik

- kulit yang tidak kecokelatan

Bintik Wajah

Orang dengan lebih banyak eumelanin cenderung terlindungi dari kerusakan kulit oleh UV dan memiliki:

- rambut coklat atau hitam

- kulit lebih gelap

- kulit yang mudah berubah kecokelatan

Freckles dan tahi lalat hampir selalu tidak berbahaya, tetapi mungkin menunjukkan peningkatan risiko kanker kulit. Mengetahui risiko Anda untuk menilai perubahan pigmentasi kulit akan membantu mengidentifikasi freckles atau tahi lalat yang mungkin berbahaya.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang freckles, tahi lalat, atau bintik matahari. Mereka akan dapat membantu mengidentifikasi tempat untuk Anda pantau dengan cermat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini