Si Kecil Rewel Tak Mau Tidur, Perhatikan 4 Hal Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 612 2289101 si-kecil-rewel-tak-mau-tidur-perhatikan-4-hal-ini-6RkKyQuJKa.jpg (Foto: Shutterstock)

Bayi memiliki durasi tidur yang lebih panjang. Ia bisa tidur sepanjang pagi, siang, dan malam. Ada kalanya sebagian bayi tidak bisa tidur di malam hari. Bahkan dari mereka ada yang menangis sepanjang malam.

Hal ini tentu dapat membuat orangtua kelelahan dan ikut begadang sepanjang malam. Tetapi tahukah Anda mengapa ada sebagian bayi yang sukar tidur di malam hari? Melansir Times of India, 5 hal ini bisa jadi penyebabnya.

Jam internal bayi Anda tidak sinkron dengan jadwal 24 jam

Ingatlah bahwa bayi Anda masih mengembangkan ritme sirkadiannya sendiri, yakni sebuah proses yang mengatur siklus tidur-bangun tubuh. Meskipun bayi baru lahir memerlukan waktu lebih dari 12 minggu untuk mempelajari perbedaan antara siang dan malam hari, Anda dapat secara perlahan meningkatkan waktu agar bayi Anda tetap terjaga di siang hari untuk memastikan bahwa ia tidur lebih lama di malam hari.

Anda juga dapat membawa bayi keluar rumah selama beberapa waktu agar dia terpapar cahaya alami, untuk membantu mengatur ulang siklus tidur.

Bayi Anda haus

Karena bayi tidak memiliki cara lain untuk mengekspresikan diri, Anda harus mengandalkan ratapan, jeritan, dan ketidakmampuan mereka untuk tidur untuk memahami apa yang mereka butuhkan. Jika si kecil menolak untuk tidur, dia mungkin lapar atau haus. Bahkan jika Anda telah memberi makan bayi Anda satu atau dua jam lebih awal, ingatlah bahwa bayi yang baru lahir perlu sering disusui. Jadi, jika bayi Anda tidak bisa tidur, periksa apakah dia perlu diberi makan lagi.

 Bayi memiliki durasi tidur yang lebih panjang.

Baca juga: Resep MPASI Bayi 10-12 Bulan, Bubur Salmon Mozarella Gurihnya Nendang

Bayi Anda lelah

Bayi juga bisa mengalami kelelahan, dan ini akan membuat mereka rewel sepanjang hari. Perhatikan tanda-tanda bahwa bayi Anda sedang mengantuk dan cobalah membedongnya untuk membuatnya merasa aman.

Bayi merasa tidak nyaman

Apakah suhu terlalu hangat atau dingin untuk si kecil? Apakah popok terlalu ketat atau basah atau kotor? Jika Anda tidak tahu mengapa bayi Anda tidak bisa tidur, coba periksa tanda-tanda ketidaknyamanannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini