Begini 5 Cara Mengecek Kualitas Air Minum Anda, Dicoba Ya

Novia, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 612 2289264 begini-5-cara-mengecek-kualitas-air-minum-anda-dicoba-ya-2ntv6GLDop.jpg Air minum (Foto: Elyte Fitness)

Kita tidak selalu bisa memastikan apakah air keran itu bagus untuk diminum. Bahkan ada kalanya kualitasnya bisa berubah dalam semalam dan menyebabkan Anda minum air yang tercemar.

Untungnya, ada cara untuk memeriksa kualitas air, seperti yang dilakukan para profesional, hanya dengan menggunakan tiga indra.

 air  minum

1. Mulailah dengan memeriksa warna air

Pertama, biarkan air mengalir selama beberapa menit. Ini akan menghapus semua penumpukan dari keran. Isi gelas dan tahan di tempat terang.

Jika air keruh, kuning, atau coklat, itu menandakan pipa berkarat, polusi di hulu, atau sumber air berkualitas rendah seperti sungai atau waduk.

2. Periksa apakah airnya keruh atau tidak

Periksa air apakah ada partikel atau kekeruhan. Arahkan lampu ke arah gelas yang berisi air. Partikel merah, oranye, atau coklat dapat disebabkan oleh perlengkapan atau pipa yang berkarat atau tua. Potongan hitam di dalam air dapat menunjukkan bahwa selang sudah mulai rusak. Kekeruhan umum berarti terlalu banyak bahan kimia.

 Baca juga: 6 Potret Pevita Pearce Pamer Otot, Netizen: Ditampol Kelar!

3. Cium bau air untuk menentukan baunya

Sekarang cium airnya. Jika baunya seperti pemutih, kemungkinan besar karena klorin yang telah ditambahkan untuk membuat air aman. Tidak berbahaya, tetapi sebaiknya Anda memiliki filter untuk menghilangkan baunya. Bau tanah menunjukkan bahwa ada sesuatu yang organik di dalam air atau di saluran pembuangan dan sedang membusuk.

Jika baunya seperti telur busuk, artinya ada bakteri yang tumbuh di dalam air. Biarkan air berada di dalam gelas selama beberapa menit dan cium kembali. Jika tidak berbau seperti telur busuk, artinya bakteri ada di dalam saluran pembuangan dan bukan di dalam air.

 

4. Cicipi airnya untuk memeriksa rasanya

Sekarang saatnya menggunakan indra perasa Anda. Jika rasanya tidak enak maka segera keluarkan airnya. Rasa logam dapat berarti bahwa tingkat pH rendah atau terdapat kelebihan mineral dalam pasokan air, yang biasanya disebabkan oleh pipa yang berkarat.

Jika rasanya seperti pemutih, berarti ada bahan kimia, yang bisa disebabkan oleh pembuangan air atau limbah industri secara artifisial.

 

5. Periksa pipa untuk melihat penumpukan dan korosi 

Sangat penting untuk memeriksa pipa Anda secara teratur karena itu bisa menjadi alasan mengapa air Anda tidak baik untuk diminum. Ada cara sederhana untuk memeriksanya. Jika pipa berada di atas tanah, lihat apakah ada residu berwarna biru atau putih.

Jika Anda tidak dapat menjangkau pipa, periksa ke dalam toilet dan periksa apakah ada karat, atau di sekitarnya apakah ada noda biru. Jika Anda memutuskan untuk memanggil tukang ledeng, minta mereka untuk mengizinkan Anda melihat ke dalam pipa. Karat, bercak putih atau biru, dapat menunjukkan bahwa air Anda tidak aman untuk diminum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini