6 Tips Hilangkan Sensasi Panas di Tangan karena Makanan Pedas

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 612 2289312 6-tips-hilangkan-sensasi-panas-di-tangan-karena-makanan-pedas-7Hqq8ihosg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MAKAN dengan lalapan beserta cabai dan juga berbagai lauk makanan lainnya memang nikmat. Biasanya, makanan tersebut akan disantap tanpa bantuan alat makan seperti sendok dan garpu.

Tapi makan pedas ataupun memasak masakan pedas, akan membuat jari Anda terasa panas meskipun dicuci. Hal ini tentu saja berbahaya, apalagi jika jari melakukan kontak dengan mata.

Rasa terbakar pada tangan terjadi ketika Anda memegang cabai yang diremukkan terlalu lama, membuat sambal, dan menguleknya, atau makan pakai tangan. Tenang, tak perlu khawatir ini beberapa tips menghilangkan sensasi panas di tangan karena cabai dikutip dari Instagram @kokikutv.

cabai

Minyak zaitun

Gosok tangan dengan minyak zaitun secara lembut. Gosok perlahan, setelah itu baru dicuci pakai sabun dengan air mengalir.

Pakai cairan susu

Rendam tangan dengan cairan susu beberapa saat hingga rasa pedas pada tangan Anda tidak dapat dirasakan lagi. Lalu cuci tangan Anda.

Cuci tangan dengan sabun cuci piring.

Biasanya selesai memasak saatnya mencuci perabotan, Anda bisa terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun yang bersih, jangan gunakan sabun bekas cuci piring Anda ya.

Balurkan larutan baking soda dengan air.

Ini sangat efektif karena baking soda sangat kuat. Namun jangan terlalu lama membiarkan baking soda pada tangan agar tidak teriritasi.

Pakai Garam

Oleskan dengan air garam agar rasa panas terhapus dengan cepat. Diamkan sebentar, kemudian cuci dengan air bersih.

Rendam tangan dengan air beras

Selain menghilangkan rasa panas, air beras juga dapat menyegarkan dan melembabkab kulit. Rendam dengan air beras segar kemudian bilas dengan air bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini