Makan Siang Pakai Ikan Woku Yuk, Kuliner Manado yang Menggugah Selera

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 298 2289718 makan-siang-pakai-ikan-woku-yuk-kuliner-manado-yang-menggugah-selera-RtEximx9jl.jpg Ikan Woku (Foto: Inst Resep Masakan Indonesia)

Bukan hanya daging ayam saja, ikan woku juga tak kalah nikmat lho. Makanan khas Manado, Sulawesi Utara ini cocok disantap dengan nasi hangat juga cukup bermanfaat karena terbuat dari rempah, serta ikan yang memiliki banyak protein di dalamnya.

Dikutip dari instagram @resep_masakan_indonesia, ini bahan-bahan dan cara membuat ikan woku yang bisa dijadikan menu makan bersama keluarga.

 ikan

Bahan-bahan:

-500 gram ikan tongkol segar yang sudah dipotong-potong, bersihkan lalu beri perasan jeruk nipis dan sdkit garam aduk sisihkan dikulkas

-1 batang sereh memarkan

-6 lembar daun jeruk sobek-sobek

-1 batang daun bawang iris

-2 buah tomat potong kecil

-5 buah cabai rawit/sesuai selera

-1 ikat daun kemangi

-1 hingga 2 sendok teh air jeruk nipis

-200 mililiter air secukupnya

-Garam, kaldu jamur dan gula pasir secukupnya

 Baca juga: India Kembangkan Tes Covid-19 yang Lebih Murah dari Uji Swab di Indonesia

Bumbu halus:

-6 siung bawang merah

-3 siung bawang putih

-4 buah cabe merah keriting

-3 butir kemiri

-Sedikit jahe, kunyit dan lengkuas

Cara membuatnya:

1. Pertama-tama tumis bumbu halus sampai benar-benar matang, dan mengeluarkan minyak, lalu masukkan serai dan daun jeruk. Anda juga bisa menambahkan daun kunyit, tumis lagi sampai harum.

2. Kemudian, tambahkan air, aduk lalu didihkan. Setelah mendidih masukkan ikan dan bumbui dng garam, kaldu jamur dan sdkit gula pasir.

3. Setelah itu, masukkan potongan tomat dan cabai rawit utuh, masak kembali sampai ikan matang dan airnya sedikit berkurang.

4. Terakhir masukkan irisan daun bawang, dan daun kemangi aduk sebentar matikan api lalu tambahkan air jeruk nipis sesuai selera. Setelah itu, sajikan. Wah, makan siang siap disajikan ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini