5 Manfaat Bawang Putih Himalaya untuk Kesehatan

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 481 2289641 5-manfaat-bawang-putih-himalaya-untuk-kesehatan-o8VNObwtTN.jpg (Foto: Naturally Yours)

Bawang putih himalaya memiliki struktur yang kecil dan berwarna agak kuning. Bawang putih jenis ini bentuknya sedikit runcing seperti teratai dengan permukaan yang keras dan bau yang lebih menyengat.

Bawang putih himalaya merupakan salah satu tanaman herbal paling ampuh di dunia dan dikenal 7 kali lebih bagus jika dibandingkan dengan bawang putih biasa. Banyak sekali yang sudah meneliti tentang manfaat dari bawang putih ini.

Berikut adalah beberapa manfaat dari bawang putih himalaya bagi kesehatan:

1. Mengurangi Tingkat Kolesterol Tinggi

Bawang putih tunggal dikenal efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan sekitar 20 mg / dl kadar Kolesterol dan Trigliserida dalam tubuh manusia. Resep yang populer adalah mengupas 3 atau 4 siung bawang putih dan memakannya saat perut kosong.

2. Menyembuhkan Pilek & Batuk

Ilmuwan mengatakan bawang putih tunggal dapat membantu mengurangi risiko pilek dan batuk hingga lebih dari 50% bila dikonsumsi secara teratur. Selain itu, juga dapat mengurangi kemungkinan tertular penyakit lain.

Kehadiran senyawa kimia yang disebut Alliinase dan Alliin membantu menciptakan senyawa kuat yang disebut Allicin saat bawang putih tunggal ini dihancurkan atau ditumbuk, dan senyawa ini dapat membantu meredakan pilek dan batuk. Tumbuklah 2 buah bawang putih tunggal, lalu ditumbuk kemudian masukkan ke dalam air gelas, minumlah air tersebut. Maka dipercaya dapat membantu untuk menyembuhkan pilek dan batuk.

3. Membantu Melawan Kanker

Bawang putih mengandung senyawa organosulfur bernama diallyl trisulfide yang membantu melawan kanker. Para peneliti di University of North Carolina menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi bawang putih memiliki kemungkinan 66,67 persen lebih rendah untuk terkena kanker.

National Cancer Institute, juga mengatakan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur, dapat mengurangi risiko berbagai kanker hingga 50% (rata-rata). Hal ini dikarenakan senyawa belerang pada bawang putih yang dapat membantu melawan sel kanker dalam tubuh.

 Bawang putih himalaya memiliki struktur yang kecil dan berwarna agak kuning.

Baca juga: Studi: Minum Kopi Sebelum Sarapan Itu Salah Besar

4. Melawan Diabetes

Peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi 2-3 buah Bawang Putih Tunggal secara teratur, dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Kehadiran Allicin ketika digabungkan dengan Vitamin B dan Tiamin, yang dapat memicu pankreas untuk menghasilkan insulin di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh melawan diabetes secara efektif.

5. Menyembuhkan Penyakit Jantung & Tekanan Darah Tinggi

Bawang Putih Tunggal dapat membantu melawan Penyakit Jantung dengan dua cara. Salah satunya mengurangi Kolesterol LDL dan trigliserida dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi bawang putih memiliki Kolesterol LDL dan trigliserida hingga 20% lebih sedikit.

Bawang putih tunggal juga dapat membantu mencegah pembentukan plak dan gumpalan dengan mengurangi kepadatan darah. Para ilmuwan berpandangan bahwa pasien yang mengonsumsi bawang putih secara teratur 83% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami pembekuan darah yang berbahaya.

Dalam kasus Tekanan Darah Tinggi, konsumsi Bawang Putih Tunggal ini dapat membantu otot-otot rileks dan juga dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Senyawa kimia bernama Hidrogen Sulfida yang ada dalam bawang putih membantu menciptakan keajaiban ini, yang mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini