Studi: Bawang Putih dan Ginseng Manjur Tingkatkan Imunitas Lawan Virus

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 481 2289667 studi-bawang-putih-dan-ginseng-manjur-tingkatkan-imunitas-lawan-virus-WPJqsZaV0N.jpg (Foto: Anabolicmen)

Selama pandemi masih ada, maka semua orang diharapkan untuk terus mempertahankan imunitas tubuhnya. Hal tersebut menjadi benteng dasar yang mampu melawan virus penyakit yang masuk, termasuk Covid-19.

Salah satu saran yang selalu kita dengar adalah tetap bahagia, istirahat yang cukup, dan tentunya mengonsumsi panganan yang bernutrisi. Semua komponen tersebut dipercaya mampu membantu menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Tapi, ada beberapa dari Anda mungkin ingin mengurangi asupan bahan kimia peningkat imunitas ke dalam tubuh. Lalu, bahan alami apa yang bisa meningkatkan imunitas tubuh yang terbukti efektif?

Dilansir dari Insider, banyak tumbuhan antagonis terhadap patogen. "Artinya mereka secara aktif melawan mikroorganisme seperti virus, bakteri, cacing, bahkan serangga," kata Mark Frost, MSTCM, L.Ac., Ketua Departemen Pengobatan Herbal di American College of Traditional Chinese Medicine.

Bukan hanya para ahli di bidang pengobatan tradisional Tiongkok yang mengatakan herbal memiliki kekuatan untuk meningkatkan kekebalan. Mereka yang mempraktikkan pengobatan 'Barat' pun mendukung penambahan herbal ke dalam makanan sehat.

Seperti dikatakan Deborah Ann Ballard, M.D., M.P.H., Dokter Penyakit Dalam di Duke Integrative Medicine, dirinya merekomendasikan penggunaan berbagai bumbu dan rempah-rempah dalam masakan untuk meningkatkan nafsu makan.

"Menambahkan bahan alami secara teratur ke dalam pola makan sehat memiliki risiko bahaya yang sangat minim, tapi jadi peluang yang sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi," katanya.

So, bahan alami apa saja yang bisa Anda gunakan agar imunitas tubuh kuat? Berikut penjelasannya.

Bawang putih

"Bumbu masak yang satu ini adalah ramuan antimikroba yang kuat, terutama untuk usus," papar Frost. Faktanya, bawang putih diyakini sebagai antibakteri, antivirus, dan antiprotozoal (mampu melawan parasit). Semua khasiat tersebut dapat membantu tubuh melawan infeksi dada dan infeksi pernapasan.

Lebih lanjut, dalam Avicenna Journal of Phytomedicine, bawang putih dipercaya dapat melawan bakteri seperti salmonella dan E.Coli, yang merupakan bakteri penyebab keracunan makanan.

 Selama pandemi masih ada, maka semua orang diharapkan untuk terus mempertahankan imunitas tubuhnya.

Baca juga: 5 Manfaat Ramuan Teh Kunyit Bagi Lambung, Bisa untuk Diet

Luar biasanya, bawang putih pun dipercaya mampu mengobati flu biasa dengan sifat antivirusnya. Sebuah tinjauan 2014 yang diterbitkan di Perpustakaan Cochrane membahas satu penelitian yang memberi peserta suplemen bawang putih dengan kandungan allicin 180 mg setiap hari selama 12 minggu, sedangkan yang lain diberikan plasebo.

Para peneliti menemukan bahwa subjek studi yang diberikan bawang putih lebih kecil kemungkinannya untuk terkena flu dan jika mereka sakit, gejala yang muncul sangat ringan, dibandingkan kelompok yang diberikan plasebo.

Ginseng

Menurut suatu penelitian, ginseng adalah bahan alami yang dapat memperkuat sumbu HPA (sumbu hipotalamus, hipofisis, adrenal). Itu merupakan sumbu yang bertanggung jawab mengatur respons sistem kekebalan tubuh terhadap stres.

Ya, ketika seseorang stres, itu akan melemahkan sistem kekebalan. Jadi, penting bagi Anda memiliki poros HPA yang kuat untuk membantu mengelola efek stres pada sistem kekebalan tubuh Anda.

"Dengan kata lain, memperkuat sumbu HPA, Anda juga sedang memperkuat sistem imunitas tubuh," kata Frost.

Nah, ginseng menjadi bahan alami yang dapat menjaga keseimbangan sistem imun dengan mengatur berbagai jenis sel kekebalan, termasuk sel T, sel B, sel pembunuh alami, dan makrofag (yang mengidentifikasi ancaman bagi tubuh dan melawannya).

Bahkan, ada bukti yang menjelaskan bahwa ginseng dapat melawan influenza A pada tikus, meski penelitian pada manusia belum dapat dibuktikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini