6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?

Novia, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 481 2289724 6-manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-kulit-apa-saja-vd6VSVQwEM.jpg (Foto: Times of India)

Kulit yang sehat dan cerah selalu menjadi dambaan setiap orang. Bahkan pria pun juga ingin memiliki kulit yang bersinar. Salah satu yang bisa dilakukan untuk merawat kulit ialah menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan alami tersebut termasuk kunyit. Rempah-rempah ini dikenal mampu membantu mencerahkan kulit Anda.

1 ons kunyit memberi Anda 26% kebutuhan harian Anda akan mangan dan 16% dari kebutuhan zat besi harian Anda. Tanaman ini juga merupakan sumber serat, kalium, vitamin B6, magnesium, dan vitamin C.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit untuk kulit Anda:

1. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Berkat manfaat anti-inflamasi dan antibakterinya, kunyit dapat memberikan khasiat untuk kulit yang bermasalah. Ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan dari noda dan menenangkan kondisi kulit seperti eksim dan rosacea.

2. Melawan jerawat

Kunyit sangat baik untuk mengatasi jerawat karena merupakan antiseptik alami dan membantu mencegah penyebaran bakteri. Ini sangat efektif jika dikombinasikan dengan cuka sari apel yang memiliki sifat astringent, artinya perannya sama dengan toner pada umumnya.

3. Mengurangi lingkaran hitam

Menurut Courtney Chiusano kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah serta kunyit juga merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kegelapan di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

 Kulit yang sehat dan cerah selalu menjadi dambaan setiap orang.

Baca juga: 5 Manfaat Ramuan Teh Kunyit Bagi Lambung, Bisa untuk Diet

4. Melindungi dari kerusakan & penuaan akibat sinar matahari

Penelitian yang dipresentasikan oleh American Academy of Dermatology (AAD) menunjukkan bahwa krim pelembab yang mengandung kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki tampilan garis-garis halus dan bintik-bintik coklat dan juga membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit karena paparan sinar UV jangka panjang.

5. Mengurangi munculnya stretch mark

Kunyit memiliki kekuatan antioksidan untuk menembus dan meningkatkan fungsi sel membran kulit, yang akan membantu mencegah dan mengobati stretch mark. Para ahli pun merekomendasikan untuk membuat pasta penyembuhan stretch mark sendiri dengan satu sendok makan minyak zaitun extra virgin, satu sendok teh kunyit, dan perasan irisan lemon (sekitar seperdelapan buah). Gosokkan campuran ini ke area yang terkena dua kali sehari.

6. Menenangkan kulit kering

Kunyit dapat melembabkan dan merevitalisasi kulit secara mendalam sekaligus mengurangi gejala kekeringan. Secara alami mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati untuk menampilkan kulit yang sehat dan lembut, serta melindungi sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini