Jubir Satgas Covid-19 Pastikan Vaksin yang Masuk ke Indonesia Aman

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 481 2289815 jubir-satgas-covid-19-pastikan-vaksin-yang-masuk-ke-indonesia-aman-AHozMeiVKf.jpg Pandemi Covid-19 (Pixabay)

Pemerintah terus berupaya menyelesaikan uji klinis vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada jutaan orang. Pemerintah menargetkan vaksin Covid-19 tersedia pada 2021.

Meski terus mengejar waktu, namun keamanan vaksin tetap menjadi hal yang paling utama. Saat ini Indonesia melalui Bio Farma yakni Sinovac dan proses uji klinis fase 3 di Bandung. Kerja sama lainnya adalah Kimia Farma dengan G42 Uni Emirat Arab.

Di mana uji klinis fase 3 dengan target subyek 22 ribu orang. Ketiga adalah kerja sama PT Kalbe Farma dengan Genexine Korea yang sedang uji klinis fase 1 dan 2A di Korea dengan 60 subyek.

 mencari vaksin Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito memastikan vaksin yang akan disuntikkan masyarakat sudah melalui beberapa tahap uji klinis hingga dinyatakan aman.

"Vaksin yang nantinya masuk ke Indonesia harus dipastikan secara data dan penelitian aman bagi masyarakat. Pengembangan vaksin umumnya butuh waktu dan proses yang cukup panjang," tutur Prof. Wiku, dalam siaran pers yang diterima Okezone Rabu (7/10/2020).

 Baca juga: India Kembangkan Tes Covid-19 yang Lebih Murah dari Uji Swab di Indonesia

Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk tidak khawatir, baik terhadap vaksin yang dikembangkan hasil kerjasama dengan negara lain maupun Vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan Pemerintah Indonesia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini