Jadwal Lengkap USG yang Ibu Hamil Harus Tahu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 481 2289953 jadwal-lengkap-usg-yang-ibu-hamil-harus-tahu-o8FIB1gHB7.jpg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

Baru saja mengetahui bahwa Anda atau istri Anda hamil dan mulai mempersiapkan kehamilan? Maka, jangan sampai lupa untuk memasukkan jadwal USG dalam 9 bulan kehamilan.

Ini menjadi sangat penting, karena dari pemeriksaan USG, orangtua jadi tahu apakah ada faktor-faktor penyulit, gangguan, atau kondisi lainnya yang muncul selama kehamilan. Jadi, USG bukan sekadar soal melihat jenis kelamin jabang bayi.

Diterangkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi RS Pondok Indah - Pondok Indah dr Yassin Yanuar Mohammad, M.Sc., SpOG-KFER, USG sangat diperlukan untuk semua ibu hamil untuk menjamin keselamatannya pun jabang bayi yang dia kandung.

"Ketika ibu hamil tidak melakukan USG, maka risiko yang bisa muncul adalah kelahiran prematur atau kematian bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu, orangtua pun tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan bayinya selama dikandung," papar dr Yassin dalam Webinar bertajuk 'Antenatal Care, Apa yang Harus Diperhatikan?', Rabu (7/10/2020).

Nah, berikut ini jadwal pemeriksaan USG yang direkomendasikan dr Yassin selama proses kehamilan:

1. Kurang dari 10 minggu kehamilan

USG Kehamilan

Di pemeriksaan USG pertama ini dokter kandungan akan memastikan kehamilan yang terjadi, memastikan lokasi kehamilan, memastikan jumlah janin, memastikan usia kehamilan, dan mendeteksi penyulit.

"Dari pemeriksaan USG pertama ini, biasanya nanti pasien akan mendapati informasi soal apakah si ibu terlalu kurus, anemia (dengan pemeriksaan darah), atau juga mengetahui apakah ada penyulit atau tidak," papar dr Yassin.

Baca Juga : 4 Potret Chef Renatta saat Tampil Santai, Netizen: Jutek-Jutek Imut!

2. 11-13 minggu kehamilan

Di pemeriksaan USG kedua, dokter bakal memastikan usia kehamilan dan akan dilakukan juga skrining kelainan kromosom. "Untuk pemeriksaan ini, biasanya dokter tahu apakah ada kemungkinan down syndrome pada si bayi dari pemeriksaan kromosom," terangnya.

Selain itu, dari pemeriksaan USG kedua dokter pun akan menjelaskan soal anatomi janin karena sudah mulai terbentuk perlahan.

3. 18-24 minggu kehamilan

Di pemeriksaan USG ini, dokter akan melakukan skrining organ secara komprehensif. Maksudnya, karena janin sudah mulai terlihat jelas, dokter sudah bisa melakukan pemeriksaan pembentukan organ dari kepala hingga organ gerak (kaki dan tangan).

"Dokter juga di pemeriksaan USG ketiga ini bisa mendeteksi kelainan yang mungkin ada pada janin, misalnya di otak, bibir, atau hidung. Lalu, dokter pun bisa mengetahui bagaimana kondisi jantung, paru, lambung, ginjal, saluran jemih, tulang belakang, dan jari-jari si bayi," tutur dr Yassin. Ia melanjutkan, dengan pemeriksaan USG, hasil yang didapat itu akurasinya 80-90 persen.

USG Kehamilan

4. 28-32 minggu kehamilan

Di pemeriksaan USG keempat, dokter sudah semakin jelas mengenali anatomi janin, kemudian terlihat juga laju pertumbuhan janinnya, dan mengetahui letak ari-ari atau plasenta. "Terlihat juga di sini bagaimana kondisi air ketubannya," tambahnya.

5. 36-40 minggu kehamilan

Di pemeriksaan USG terakhir, selain dokter akan melihat anatomi janin, plasenta, air ketuban, dokter dapat menaksir berat janin saat lahir. "Ini penting untuk mempertimbangkan proses kelahirannya yang sudah di depan mata," ujar dr Yassin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini