Beautypedia, Apa Itu Bisul?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 611 2289823 beautypedia-apa-itu-bisul-80ylSZe1ls.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Sama seperti jerawat, bisul juga merupakan musuh bagi sebagian besar orang. Ini karena bisul juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan hingga mengganggu aktivitas.

Jika bisul tumbuh di area yang tertutup, mungkin tidak menimbulkan masalah. Namun jika tumbuh di area terbuka, tentu hal ini akan sangat mengganggu penampilan. Terlebih bagi mereka yang dikenal banyak orang seperti publik figur.

Mengingat dampaknya yang bisa mengganggu penampilan, ternyata bisul juga dapat diderita oleh wanita maupun pria. Melansir Healthline, bisul infeksi bakteri yang terbentuk di bawah kulit Anda di folikel rambut.

Umumnya, bisul tumbuh dengan warna kemerahan serta mengandung nanah di dalamnya. Bisul dapat terasa nyeri serta menyebabkan infeksi parah yang dapat meninggalkan bekas luka. Selain itu, bisul juga disebut sebagai infeksi kulit staph.

Baca Juga :Potret Menggoda Cinta Laura ala Gadis Latin, Netizen: Cantik Banget Queen!

Bisul yang telah tumbuh selama beberapa waktu pada akhirnya akan pecah dan mengeluarkan nanah. Area terdekat juga mungkin mengalami pembengkakan.

Mengapa bisul tumbuh?

Bisul

Bisul biasanya berkembang ketika bakteri Staphylococcus aureus memasuki folikel rambut Anda. Bakteri ini juga disebut sebagai "staph".

Goresan dan kulit rusak lainnya memudahkan bakteri masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan infeksi. Hal inilah yang dapat menyebabkan bisul yang berisi cairan dan nanah.

Jika bisul tumbuh lebih dari 2 inchi dan terletak di dekat mata, hidung, dan tulang punggung, serta tidak membaik selama 2 minggu, ada baiknya Anda menghubungi dokter. Ini karena bisul dapat menyebabkan infeksi yang dapat mengundang komplikasi lainnya.

Umumnya, dokter akan memberikan antibiotik untuk meredakan rasa sakit. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sabun khusus ataupun salep untuk dioles di area bisul tersebut tumbuh. Untuk kasus tertentu, mungkin dokter juga akan melakukan tindakan operasi.

Cara merawat bisul di rumah

Terlepas dari Anda melakukan pengobatan medis atau tidak, penting bagi Anda untuk merawat bisul di rumah guna mempercepat penyembuhan. Berikut adalah cara merawat bisul di rumah:

Bisul

- Tempatkan kain bersih, hangat, dan lembap pada bisul Anda beberapa kali sehari. Biarkan selama 15 menit. Ini akan membantunya mengering lebih cepat.

- Jaga kebersihan kulit Anda dengan sabun antibakteri.

- Ganti perban Anda sesering mungkin jika Anda pernah menjalani operasi bisul.

- Cuci tangan Anda setelah menyentuh bisul.

Di sisi lain, Anda juga harus memperhatikan kebersihan diri serta makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan tersebut memiliki gizi yang seimbang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini