Share

6 Langkah untuk Mengakhiri Persahabatan Toxic, Nomor 1 Menerima Kenyataan

Novia, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 612 2289844 6-langkah-untuk-mengakhiri-persahabatan-toxic-nomor-1-menerima-kenyataan-GxpbMjpiTV.jpg Merasa sedih (Foto: Xenzone)

Dalam hubungan persahabatan terkadang pada akhirnya kita menyadari bahwa sahabat yang kita sayang ternyata adalah orang toxic yang sering menyakiti kita. Saat akhir titik kesadaran itu tiba rasanya sangat sulit menerima.

Apalagi harus memutuskan untuk meninggalkannya demi kesehatan mental kita sendiri. Seperti dilansir dari Canadian Living, berikut ini beberapa langkah untuk mengakhiri persahabatan yang toxic.

 sedih

1. Menerima kenyataan

Langkah pertama untuk mengakhiri persahabatan yang tidak sehat adalah mengakui kebenaran tentang sahabat Anda yang toxic dan berhenti membenarkan dan merasionalisasi perilakunya.

Menurut Smith-Hines, Sadarilah bahwa Anda tidak dapat mengubah teman Anda yang toxic atau perilakunya, tetapi Anda dapat mengubah perilaku Anda sendiri. Persahabatan adalah sebuah pilihan, dan Anda tidak harus terus menghabiskan waktu dengan seseorang yang tidak baik untuk Anda.

 

2. Perjelas niat Anda

Meskipun kedengarannya sulit, Anda harus jujur dan terus terang saat memberi tahu teman Anda bahwa Anda tidak ingin lagi menghabiskan waktu dengannya. Katakan langsung padanya bahwa Anda berniat mengakhiri persahabatan Anda, tidak peduli seberapa sulit tampaknya, karena pertemanan toxic tidak sehat untuk dilanjutkan.

3. Identifikasi peran Anda dalam hubungan tersebut

Terkadang sulit untuk melihat kesalahan kita sendiri karena kita tidak bisa melewati rasa sakitt atau marah yang mungkin kita rasakan. Mengakui kesalahan dan peran Anda dalam aspek negatif hubungan akan memudahkan Anda mengidentifikasi dan memperbaiki pola ini sehingga tidak meresap ke dalam hubungan lain.

4. Pilih cara untuk mengakhirinya

Berdasarkan keadaan pribadi Anda, putuskan bagaimana Anda ingin mengakhiri persahabatan. Anda bahkan mungkin merindukan mantan sahabat Anda, tetapi penting untuk tetap berpegang pada kata-kata Anda. Jika Anda mengakhiri persahabatan dengan tidak serius, ini hanya akan menjadi siklus yang berulang dan menyakitkan.

5. Memaafkan

Maafkan sahabat Anda yang toxic, baik di hadapannya atau di dalam hati Anda. Anda harus memiliki pengampunan untuk akhirnya melepaskan. Dengan memaafkan mantan teman Anda tidak berarti melupakan apa yang telah terjadi, tetapi itu akan membuat Anda tidak terus memikirkan luka Anda atau dramanya lebih lama lagi.

Baca juga: India Kembangkan Tes Covid-19 yang Lebih Murah dari Uji Swab di Indonesia

6. Beri diri Anda waktu untuk berduka

Merasa sedih atau kesal adalah hal yang wajar. Lamanya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk berduka sangat pribadi. Jika Anda memutuskan untuk mengakhiri persahabatan, jangan menundanya. Semakin lama Anda bertahan, semakin Anda harus disalahkan karena Anda yang membuat diri Anda sedih.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini