Bolu Tape Keju, Jajanan Lezat Kesukaan Anak-Anak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 298 2290383 bolu-tape-keju-jajanan-lezat-kesukaan-anak-anak-84GXR5xkLD.jpg Bolu tape (Foto : Instagram/@resepkuekeluarga)

Anak-anak cenderung menyukai makanan manis. Maka tak heran jika mereka seringkali merengek kepada ibunya supaya dibelikan kue.

Salah satu kue menarik yang disukai anak-anak adalah bolu tape keju. Perpaduan antara citarasa manis dan sedikit asam ini tentu mampu memanjakan lidah.

Jika Anda memiliki anak kecil, Anda juga bisa membuat bolu tape keju tersebut. Bahkan, Anda juga bisa menjualnya ke anak-anak tetangga. Selain menyenangkan hati anak, Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Berikut Okezoners berikan resep bolu tape keju seperti dikutip dari akun Instagram @linagui.kitchen pada Kamis (8/10/2020).

Bahan A:

- 175-200 gram tape singkong yang matang tapi tidak berair

- 30 gram SKM

- 1/2 sdt Vanilla extract

- 50 gram Keju cheddar (parut)

Bahan B:

Putih Telur

- 6 Kuning telur

- 4 Putih telur

- 150 gram gula pasir (sesuai selera)

- 10 gram cake emulsifier

Baca Juga : 5 Potret Cantik Chef Renatta Moeloek, Dibilang Mirip Pemeran Mulan

Bahan C:

- 150 gram tepung terigu protein sedang

- 25 gram susu bubuk

- 15 gram tepung maizena

- 2 gram baking powder (boleh skip)

- 2 gram Garam

ayak bahan dan sisihkan

Bahan D:

150 gr Butter (boleh mix margarine), lelehkan

Cara membuat:

1. Buang sumbu tape (jangan sampai tape ada airnya), mixer semua bahan A, sisihkan.

2. Campur dan mixer semua bahan B hingga mengembang kental berjejak selama 15 menit dengan kecepatan tinggi. (adonan harus sampai putih, kental dan berjejak).

3. Setelah mengembang kental berjejak, turunkan ke kecepatan terendah. Masukkan tape yang sudah dihaluskan, mixer asal rata saja sambil sesekali aduk pakai spatula supaya tape tidak mengendap dibawah wadah.

4. Kemudian tuang bahan C yang sudah diayak, tuang dalam 2 tahap. Aduk menggunakan spatula hingga rata (namun jangan overmix).

Bolu Tape

5. Masukkan butter yang telah dicairkan ,aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata (jangan overmix karena kue bisa bantat).

6. Tuang adonan ke dalam loyang. Beri topping sesuai selera.

7. Oven dengan suhu 170 derajat celcius selama 40 - 45 menit pakai api atas bawah atau hingga matang sesuaikan dengan suhu oven masing-masing. Lakukan tes tusuk untuk mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan.

8. Tunggu hingga dingin, lalu keluarkan kue dari loyang. Bolu tape keju pun siap dihidangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini