Cara Menjaga Kesehatan Mental Usai Kehilangan Pekerjaan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 481 2290384 cara-menjaga-kesehatan-mental-usai-kehilangan-pekerjaan-2JxsVPl4Vu.jpg Kena PHK (Foto: Deposit Photos)

Kehilangan pekerjaan merupakan sebuah tantangan emosional. Namun dengan tekanan tambahan dari resesi dan pandemi global yang harus dihadapi, itu benar-benar melelahkan dan mengurasi emosi dan mental.

Kehilangan pekerjaan dapat menciptakan perasaan stres dan kecemasan dalam hal-hal lain dalam hidup Anda seperti keuangan pribadi, dan membuat Anda merasa kesepian dan terisolasi.

Kepala kesejahteraan Mind amal kesehatan mental, Emma Mamo mengatakan, PHK dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

 sedih di-PHK

“Bagi sebagian orang, pekerjaan bukan hanya sumber pendapatan yang vital tetapi juga bagian penting dari identitas. Ini membantu kita merasa bahwa kita memberikan kontribusi yang bermanfaat. Ini juga dapat memberi kami tujuan, rutinitas, dan cara untuk bertemu orang baru," ungkapnya seperti dilansir Stylish pada Kamis (8/10/2020).

Sangat normal jika manusia merasakan berbagai emosi seperti kaget, marah, dendam, dan masih banyak lagi yang bisa terjadi dalam waktu singkat.

“Pastikan Anda memberi diri Anda ruang dan waktu untuk mengungkapkan perasaan ini dan berbicara dengan orang lain tentang apa yang Anda alami agar Anda bisa lebih sehat secara mental," tuturnya.

Selain menghadapi emosi yang sulit ini, Anda mungkin mendapati diri Anda sedang menghadapi perasaan rendah diri. Apalagi jika pekerjaan Anda adalah bagian penting dari identitas Anda.

Untuk mengatasi ini, Mamo mengatakan, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang Anda inginkan dan apa rencana Anda selanjutnya.

“Ingatlah untuk bersikap baik pada diri sendiri, praktikkan perawatan diri, dan luangkan waktu untuk merenungkan apa yang membuat Anda merasa bahagia dan puas. Mungkin Anda bisa menulis daftar semua keterampilan dan kualitas yang Anda miliki, dan luangkan waktu sejenak untuk merayakannya," jelasnya.

Terakhir, Mamo menyarankan, pastikan untuk fokus pada hal-hal yang ada dalam kendali Anda. Pada saat ketidakpastian seperti itu, berurusan dengan redundansi dapat membuat Anda merasa tersesat dan kewalahan.

Baca juga: Intip Gaya Jessica Iskandar Pakai Dress Kuning, Netizen: Mantul Cantiknya!

"Jika dirasa sudah tenang, Anda bisa mulai membuat CV yang baru dan menghubungi teman-teman Anda untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini