5 Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 481 2290422 5-tips-tetap-sehat-di-musim-penghujan-vNeSgn8oKR.jpg Musim hujan (Foto: Adventure)

Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Alhasil sebagian wilayah mulai sering diguyur hujan yang membuat bakteri dan kuman lebih banyak menyebar.

Oleh sebab itu menjaga imunitas tubuh agaer selalu fit menjadi salah satu cara terbaik yang dilakukan, terlebih selama masa pandemi virus corona Covid-19.

Berbagai macam penyakit seperti flu dan lain sebagainya sangat mudah menyerang ketika musim ini. Untuk membantu Anda agar tidak mudah terserang penyakit, berikut tips tetap sehat selama musim penghujan, sebagaimana dilansir Sunlife, Kamis (8/10/2020).

 hujan

1. Selalu bawa atau kenakan perlengkapan hujan Anda

Menggunakan payung dan perlengkapan hujan lainnya dapat melindungi diri dari basah. Mengenakan sepatu bot juga dianjurkan selama musim hujan untuk melindungi diri dari kemungkinan virus dan kuman yang dapat ditemukan di daerah banjir dan genangan air hujan.

2. Lindungi rumah Anda dari nyamuk

Periksa rumah dari genangan air. Anda bisa memulainya dengan memeriksa tempat-tempat yang bisa jadi tempat berkembang biak nyamuk seperti selokan, pot tanaman, dan area lainnya. Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria sering terjadi selama musim hujan, jadi jangan lupa untuk menggunakan pengusir serangga.

3. Konsumsi vitamin ekstra

Konsumsi vitamin C, makan makanan bergizi, dan minum banyak air akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap kemungkinan flu dan virus yang disebabkan oleh musim hujan.

4. Sering cuci tangan

Bakteri lebih aktif selama musim ini karena lingkungan yang lembab, oleh karena itu penting untuk mencuci tangan sebelum makan, menyentuh wajah, dan menggendong anak. Jangan lupa siapkan hand sanitizer atau alkohol dalam tas.

Baca juga: Intip Gaya Jessica Iskandar Pakai Dress Kuning, Netizen: Mantul Cantiknya!

5. Tetap update

Melihat berita, mendengarkan radio, dan pantau media sosial yang memperbarui ramalan cuaca. Ini akan membantu Anda mempersiapkan perjalanan dan menghindari area banjir.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini